Berikut Sembilan Nama Anggota DPRD Sanggau Fraksi PDIP Periode 2024-2029

10 Oktober 2024 16:25 WIB
Foto: Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insdepontianak.com -- Pada periode atau masa jabatan 2024-2029 Anggota DPRD Kabupaten Sanggau dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) diisi oleh sembilan orang anggota. 

PDIP yang juga sebagai pemenang Pemilu 2024 di Kabupaten Sanggau mendapat tambahan dua kursi dibandingkan periode sebelumnya. Periode 2019-2024 PDIP hanya mengoleksi tujuh kursi. Berikut sembilan nama Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Fraksi PDIP.

1. Jumadi (Dapil Sanggau III: Kecamatan Parindu, Tayan Hulu dan Balai)

Jumadi merupakan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Sanggau. Juga, sudah tiga kali menjabat dan dipercayai PDIP sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sanggau.

Sejak Pemilu 2014, Jumadi selalu meraup suara terbanyak dibandingkan Caleg lainnya yang berkontestasi di seluruh Dapil Kabupaten Sanggau. Terbaru pada Pemilu 2024, Jumadi terpilih kembali untuk periode keempat dengan berhasil memperoleh 5.699 suara sah.

2. Yohanes Anes (Dapil Sanggau I: Kecamatan Kapuas)

Bagi masyarakat Sanggau yang berdomisili di Kecamatan Kapuas, Yohanes Anes sosok yang cukup familiar. Sebab, Ia sudah pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau periode 2014-2019.

Pada Pemilu 2019 lalu, Yohanes Anes juga maju sebagai Caleg petahana. Namun, Ia gagal lolos menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau untuk periode 2019-2024.

Setia pada PDIP dan tak mau menyerah, Anes sapaan karibnya kembali bertarung sebagai Caleg di Dapil Sanggau I Kecamatan Kapuas pada Pemilu 2024. Akhirnya, Ia berhasil merenggut hati masyarakat. 

Dapil Sanggau I dikenal dengan persaingan yang ketat. Anes jadi satu-satunya kader PDIP yang berhasil lolos dengan raihan suara 2.429.

3. Kancilkus (Dapil Sanggau II: Kecamatan Meliau, Tayan Hilir dan Toba)

Kancilkus adalah kader muda PDIP Kabupaten Sanggau. Umurnya baru 34 tahun. Kancilkus dikenal sebagai pentolan organisasi masyarakat (Ormas) adat dayak Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Kabupaten Sanggau.

Berkat kepiawaiannya, Kancilkus terpilih untuk periode pertamanya sebagai Anggota DPRD Sanggau dengan memperoleh 3.086 suara sah.

4. Anselmus Efendi (Dapil Sanggau II: Kecamatan Meliau, Tayan Hilir dan Toba)

Anselmus Efendi merupakan pengurus anak cabang (PAC) PDIP Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Anselmus berhasil meraih suara sebanyak 2.827 suara.

5. Fransiskus Dedi (Dapil Sanggau III: Kecamatan Parindu, Tayan Hulu dan Balai)

Fransiskus Dedi lahir di Kabupaten Bengkayang pada tahun 1983. Ia menempuh pendidikan sekolah menengah atas (SMA) di SMK S.M Tsjafioeddin, Kabupaten Singkawang. Kemudian menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak pada tahun 2006.

Walau bukan di tanah kelahiran, Fransiskus Dedi yang maju sebagi Caleg di Dapil Sanggau III: Kecamatan Parindu, Tayan Hulu dan Balai. Ia memastikan dirinya terpilih sebagai anggota dewan dengan mengoleksi suara sebanyak 3.405 suara.

6. Hendrikus Hengki (Dapil Sanggau IV: Kecamatan Noyan, Kembayan, Beduai, Sekayam dan Entikong)

Hendrikus Hengki pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sanggau periode 2019-2024. Di Dapil Sanggau IV, Ia dikenal sebagai sosok politisi yang getol bicara tentang pemerataan pembangunan karena memang kampung halamannya berada di daerah perbatasan.

Hengki meneguhkan posisinya sebagai Anggota DPRD untuk periode kedua dengan meraih 3.901 suara sah. Saat ini Ia dipercayai PDIP sebagai Ketua DPRD Sanggau sementara, hingga ditunjuk pimpinan definitif.

7. Edy Emilianus (Dapil Sanggau IV: Kecamatan Noyan, Kembayan, Beduai, Sekayam dan Entikong)

Bagi masyarakat Sanggau di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, Edy Emilianus bukan sosok asing. Sebab, Ia merupakan Anggota DPRD Sanggau dua periode.

Edy yang juga merupakan Bendahara Umum DPC PDIP Sanggau itu berhasil duduk kembali sebagai anggota dewan periode ketiga setelah mengoleksi perolehan suara sebanyak 2.503 suara sah.

8. Alfonsus Masgio (Dapil Sanggau V: Kecamatan Bonti, Jangkang dan Mukok)

Masgio sapaanya karibya dikenal sebagai sosok yang suka menolong masyarakat dalam urusan kesehatan. Sebab, Ia pernah menjadi Kepala Puskesmas Balai Sebut, Kecamatan Jangkang.

Sebagai pensiunan ASN yang purna tugas pada tahun 2023, Masgio memberanikan diri maju sebagai Caleg pada Pemilu 2024. Karena citra diri yang baik di masyarakat, Masgio berhasil mendulang suara sebanyak 4.795 suara.


9. Yeremias Marsilinus (Dapil Sanggau V: Kecamatan Bonti, Jangkang dan Mukok)

Yeremias Marselinus dulunya merupakan seorang tenaga pendidik di Kecamatan Bonti. Ia sudah menjabat sebagai Anggota DPRD Sanggau pada periode sebelumnya.

Yeremias dikenal sebagai sosok yang getol memperjuangkan isu pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Sanggau terutama saat menjadi sekretaris Komisi IV DPRD Sanggau.

Yeremias kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Sanggau periode 2024-2029, setelah mengoleksi  4.357 suara sah pada Pemilu 2024. (Ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar