Kiprah Politik Robby Sugianto Jadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau 2024-2029

12 Oktober 2024 20:20 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Anggota DPRD Kabupaten Sanggau 2024-2029, Robby Sugianto.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Robby Sugianto bukan sosok pendatang baru di dunia politik Kabupaten Sanggau. Sebelumnya, ia sudah dua periode menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau.

Berbekal, pengalaman dan kematangan dalam politik kurang lebih sepuluh tahun itu, Robby Sugianto kembali di percaya masyarakat dan terpilih kembali menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau 2024-2029.

Pada periode ketiga menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Robby Sugianto diberikan kepercayaan oleh DPP Partai Gerindra untuk mengisi posisi Wakil Ketua, DPRD Kabupaten Sanggau periode 2024-2029.

Lalu siapakah sosok Robby Sugianto sebenarnya?

Robby Sugianto, lahir pada tahun 1983, di Desa Muara Ilai, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau.

Ia merupakan anak dari seorang politikus Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Sanggau pada zaman orde baru.

Di sisi pendidikan Ia merupakan seorang sarjana ekonomi. Pendidikan sarjana dituntaskan pada tahun 2012 di Universitas AKI, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya terjun ke dunia politik Robby Sugianto jua menggeluti dunia bisnis dan menjadi pengusaha muda di Kabupaten Sanggau.

Berbagai bidang usaha telah digeluti dari usaha properti hingga transportasi.

Robby Sugianto yang notabe anak seorang politikus itu, pertama kali memutuskan partai politik pada tahun 2012, saat itu umurnya belum genap 30 tahun baru menginjak usia 29 tahun. Partai Gerindra jadi pilihannya waktu itu.

Bermodal keberanian dan tekat kuat yang diasah saat menekuni dunia usaha, Robby memberanikan diri maju sebagai calon legislatif (Caleg) pada Pemilu tahun 2014.

Takdirnya, Robby terpilih menjadi Anggota DPRD Sanggau pertama kalinya masa jabatan 2014-2019. Saat itu umurnya sudah 31 tahun. Kemudian terpilih kembali untuk periode kedua masa jabatan 2019-2024.

Berkat semangat dan kegigihannya di politik, Robby Sugianto kemudian dipercaya untuk menjadi ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Sanggau masa jabatan 2022-2025.

Saat memimpin Gerindra Sanggau, perolehan kursi di DPRD Kabupaten Sanggau naik pesat. Pemilu 2024, Gerindra Sanggau menempati peringkat ketiga jumlah suara terbanyak.

Dengan raihan itu, Fraksi Gerindra di DPRD Sanggau memiliki lima kursi dewan dan berhak atas kursi pimpinan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau. Hampir bisa dipastikan, Robby Sugianto bakal menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau periode 2024-2029. (Ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar