Daftar Nama Anggota DPRD Sanggau Fraksi Amanat Persatuan

21 Oktober 2024 16:48 WIB
Foto: Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Fraksi Amanat Persatuan DPRD Kabupaten Sanggau merupakan fraksi gabungan dari empat partai politik.

Fraksi gabungan tersebut yakni, Partai Amanat Persatuan (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Beranggotakan enam orang. Fraksi Amanat Persatuan didominasi oleh Anggota DPRD dari PAN yang berjumlah tiga orang. Sisanya, dari PPP, Hanura dan Perindo masing-masing satu orang.

Berikut daftar nama dan profil singkat enam Anggota Fraksi Amanat Persatuan DPRD Kabupaten Sanggau

1. Bison (Dapil Sanggau II: Kecamatan Meliau, Tayan Hilir dan Toba)

Bison merupakan pendatang baru di politik. Ia menjadi kader Partai Hanura sejak tahun 2023.

Ia memliki sedikit pengalaman dalam bidang politik, Ia pernah menjabat sebagai Kepala Desa selama satu periode.

Bison berhasil mendapatkan 1.713 suara di Dapil Sanggau II. Hasik itu mengahantarkan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sanggau satu-satunya dari Partai Hanura.


2. Marulak Marbun (Dapil Sanggau II: Kecamatan Meliau, Tayan Hilir dan Toba)

Marulak Marbun merupakan sosok yang sudah cukup dikenal pada kalangan masyarakat di Kecamatan Meliau, Desa Sungai Mayam. Sebagai pendatang baru di politik, Ia memilih PAN sebagai kendaraan politiknya.

Berbekal pengalaman, sebagai Kades Sungai Mayam dan Direktur BUMDes Sungai Mayam Marulak Marbun memberanikan dirinya maju sebagai Caleg di Dapil Sanggau II: Kecamatan Meliau, Tayan Hilir dan Toba.

Pada Pemilu 2024, Ia berhasil meraih 1.813 suara sah. Hasil itu, mengahantarkan duduk sebagai wakil rakyat untuk periode pertama.

3. Edy Rakhman (Dapil Sanggau III: Kecamatan Parindu, Tayan Hulu dan Balai)

Edy Rakhman merupakan sosok yang sudah sangat dikenal pada kalangan masyarakat Kecamatan Tayan Hulu. Ia merupakan sosok pengusaha yang cukup sukses di tingkat kecamatan.

Sebelum terjun ke politik. Edy merupakan pegawai di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Terjun ke politik, Edy memilih PAN sebagai kendaraan politiknya. Memakai PAN, Edy maju sebagai Caleg dan berhasil meraup 2.456 suara sah pada Pemilu 2024.

4. Taufik Hidayatullah (Dapil Sanggau IV: Kecamatan Noyan, Kembayan, Beduai, Sekayam dan Entikong)

Taufik Hidayatullah merupakan Ketua DPD PAN Kabupaten Sanggau. Ia merupakan seorang politikus ulung dari partai berlambang matahari tersebut.

Selain sebagai politikus, Taufik dikenal sebagai sosok budayawan melayu di Bumi Daranante. Ia aktif membina Komunitas Budaya Sekayam lembaga kebudayaan di daerah perbatasan.

Taufik sudah pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau pada periode 2019-2024. Berkat perjuangan yang konsisten dalam mengawal pembangunan di Dapil nya, Ia berhasil meraih 2.535 suara sah di Pemilu 2024. Sekaligus mengahantarkan duduk kembali sebagai wakil rakyat untuk periode kedua.

5. Nados (Dapil Sanggau V: Kecamatan Bonti, Jangkang dan Mukok)

Nados dikenal sebagai sosok pegiat koperasi unti desa di Kecamatan Mukok. Ia pernah menjadi Ketua KUD Tutwuri Handayani.

KUD  Tutwuri Handayani merupakan koperasi yang anggotanya terdiri dari seluruh kelompok tani kelapa sawit di Kecamatan Mukok.

Berkat relasinya yang kuat di kalangan petani. Nados yang menjadi Caleg dari Partai Perindo berhasil meraih 5.226 suara atau terbanyak kedua setelah Jumadi dari PDI Perjuangan.

6. Titik Erni Kurniati (Dapil Sanggau I: Kecamatan Kapuas)

Titik Erni Kurniati bukan sosok baru di dunia politik. Ia sudah 20 tahun lebih bergelut di panggung politik khusus Kabupaten Sanggau.

Ia juga dikenal sebagai kader paling loyal di PPP. Sebab, sejak pertama kali bergabung ke PPP, Titik tidak pernah berpaling ke partai lain.

Ia sudah pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau periode 2019-2024. Pada waktu itu, Ia masuk sebagai PAW. Menggantikan seniornya di PPP yang tutup usia.

Titik paling getol memperjuang hak-hak perempuan di Kabupaten Sanggau. Ia juga berusaha keras mengedukasi para wanita dan ibu-ibu tentang kesadaran politik melalui pengajian dan majelis taklim.

Menurutnya, perempuan harus melek politik. Agar tidak gampang diperalatan dan dimanfaatkan oleh aktor politik untuk kepentingan elektoral dan pragmatisme politik sesaat.

Berkat kerja keras dan konsistensinya, Titik kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Sanggau, khususnya Dapil Sanggau I Kecamatan Kapuas untuk menjadi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Sanggau. 

Ia berhasil meraih 1.573 suara sah. Mengahantarkan dirinya duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sanggau untuk periode kedua. (Ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar