PLN Ajak Masyarakat Peduli Menjaga Jaringan Listrik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN ajak masyarakat peduli menjaga jaringan listrik. Supaya stabilitas pasokan listrik selalu optimal dan andal.

Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi mengatakan, untuk menjaga kontinuitas pasokan listrik, maka perlu kolaborasi. Peran serta masyarakat sangat diperlukan.

Sebab, jaringan listrik berada di lingkungan masyarakat. Maka, tanam tumbuh yang ada di area jaringan harus dijaga. Warga diharap bisa berpartisipasi dalam hal ini.

Khusus di Kota Pontianak, Menurut Soffin, kesadaran masyarakat menjaga jaringan listrik sudah cukup baik.

Ini terlihat dari kegiatan pemangkasan pohon yang dilakukan petugas PLN di wilayah Kecamatan Pontianak Timur dan Pontianak Utara beberapa waktu lalu.

"Banyak warga sekitarnya yang membantu petugas dalam melakukan pembersihan jaringan listrik," ujarnya.

Sofin menegaskan, jarak aman jaringan listrik agar terbebas dari pohon atau bangunan adalah 2,5 meter. Dan, yang terpenting, warga tidak bermain layangan menggunakan kawat.

Sebab, hal itu juga memicu kerusakan jaringan listrik. Maka mesti dipatuhi seluruh masyarakat. Supaya gangguan listrik, bisa diminimalisir.

"Kawat layang-layang juga menyebabkan kedip tegangan atau flicker yang dirasakan oleh pelanggan sehingga mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan," ungkap Soffin.

Karenanya, dukungan seluruh pihak sangat diperlukan untuk menekan potensi terjadinya gangguan listrik.

PLN sendiri rutin melakukan pemangkasan pohon dan pembersihan jaringan listrik dari kawat layang-layang, sebagai upaya preventif.

Masyarakat juga turut berpartisipasi dan mendukung dalam upaya menjaga keselamatan ketenagalistrikan, dengan melaporkan jika ada pohon yang sudah mendekati jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile maupun Contact Center PLN 123.

"Listrik ini milik kita bersama, karena kita juga yang menikmati. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaganya, agar aktivitas yang kita lakukan tidak terganggu," ajak Soffin.

Sementara itu Julianto (47), Koordinator Produksi sebuah perusahaan pengolahan minyak kelapa di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara mengaku kualitas pelayanan kelistrikan yang diberikan oleh PLN cukup memuaskan, di mana jarang terjadi gangguan listrik.

"Petugas PLN juga merespon dengan cepat jika kami melaporkan terjadinya gangguan listrik," katanya.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar