Bank Kalbar Raih Best BUMD Awards 2024

8 Maret 2024 14:44 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Prestasi membanggakan ditorehkan Bank Kalbar pada ajang prestisius Indonesia Best BUMD Awards 2024, dengan perolehan penghargaan sebagai Top BUMD 2024 With Financial Inclusion and Literacy to Strengthen Regional Economic kategori BPD.

Penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di JS Luwansa Hotel & Convention Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2024).

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen Bank Kalbar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh.

Selain daripada itu, Bank Kalbar juga sebagai salah satu garda terdepan diberikan predikat sebagai agen pengembangan ekonomi Indonesia.

Penyematan itu berkat program penyediaan layanan yang kredibel serta percepatan akselerasi digitalisasi sistem pembayaran termasuk digitalisasi transaksi keuangan.

Inovasi itu pada akhirnya mendorong terjadinya perluasan inklusi ekonomi dan keuangan digital.

CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group, Muhamad Ihsan mengatakan, Badan Usaha Milik Daerah BUMD memiliki peran penting mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk dalam penanganan inflasi, menjaga stabilitas harga dan mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah.

“Program pengembangan bisnis yang dijalankan BUMD terintegrasi dengan pengembangan ekonomi regional, salah satunya juga menjalankan fungsi pemerintah daerah dalam melakukan pelayanan publik,” papar Ihsan.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh lembaga independen terkemuka di bidang keuangan dan ekonomi ini, merupakan bentuk apresiasi terhadap Bank Kalbar.

Khususnya yang telah berhasil mengimplementasikan inovasi dan strategi yang efektif dalam memperkuat perekonomian daerah melalui inklusi keuangan dan literasi.

Seleksi memilih sang juara didasarkan pada sejumlah indikator penilaian yang dilakukan oleh tim Warta Ekonomi.

Penilaian tersebut meliputi kinerja keuangan, dan kebijakan strategis perusahaan dalam inovasi produk dan jasa, strategi bisnis, integrasi bisnis, serta ekspansi bisnis.

Adapun pendekatan yang dilakukan, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan desk research dan media monitoring dalam proses penilaiannya dalam menentukan pemenang dari Best BUMD Awards 2024.

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi  menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan Bank Kalbar hingga mencapai prestasi ini.

Bagi Rokidi, penghargaan ini adalah bukti nyata dari komitmen Bank Kalbar untuk memberikan layanan keuangan yang inklusif dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap literasi keuangan.

“Kami berdedikasi untuk terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi regional," ujarnya.

Bank Kalbar terus mengembangkan program inklusi keuangan dan literasi melalui berbagai inisiatif.

Langkah-langkah ini diambil dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan ekonomi mikro, dan mengurangi kesenjangan keuangan di wilayah Kalimantan Barat.

Penghargaan ini juga menjadi dorongan bagi Bank Kalbar untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan keuangan yang dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dengan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan dan mitra kerja, Bank Kalbar berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah.

Rokidi juga berterima kasih kepada seluruh nasabah, karyawan, regulator, dan mitra kerja yang telah berperan dalam pencapaian ini.

"Bersama-sama, Bank Kalbar yakin dapat terus memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat," pungkasnya.(andi)***

Tags :

Leave a comment