Dinas Koperasi UMK Kalbar Perkuat Eksistensi Koperasi dengan Pelatihan

13 Maret 2024 11:20 WIB
Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi UKM, Provinsi Kalbar, Resmiguno. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalimantan Barat, terus memperkuat eksistensi koperasi dengan pelatihan-pelatihan dan peningkatan manajemen.

Untuk diketahui, jumlah Koperasi di Kalbar tercatat 5.623 unit. Jumlah ini terbagi dalam kelompok koperasi aktif sebanyak 3.518 unit, dan koperasi tidak aktif sebanyak 2.106 unit.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Dinas Koperasi UKM, Provinsi Kalbar, Resmiguno mengatakan, eksistensi koperasi di Kalbar relatif tumbuh baik.

Bahkan, beberapa koperasi simpan pinjam mampu meningkatkan anggota berikut asetnya, di tengah menjamurnya E-commerce.

Pertumbuhan koperasi ini tentu tak lepas dari keberhasilan program-program pembinaan yang dilakukan pemerintah, supaya mereka bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman di era digital.

"Program pembinaan koperasi dilakukan dengan kegiatan-kegiatan pertemuan, pelatihan yang jumlahnya cukup banyak pada tahun ini," kata Resmiguno, Rabu (13/3/2024).

Pelatihan yang dilakukan menghadirkan narasumber yang berkomitmen di bidangnya. Tak hanya itu, Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan IT dan peningkatan pengetahuan.

Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar juga mencatat ada tiga koperasi yang berkembang dan sudah memiliki aset triliunan.

Tiga koperasi itu adalah KSP Lantang Tipo di Pusat Damai, Parindu, Kabupaten Sanggau, KSP Pancur Kasih di Pontianak, dan KSP Keling Kumang di Sekadau.

Selain koperasi simpan pinjam, koperasi kebun juga berkembang baik. Ketika harga TBS meningkat, gairah petani dan koperasi perkebunan justru meningkat.(andi)***

Leave a comment