PLN Kalbar Gandeng Stakeholder Bersihkan Sampah di Kawasan Masjid Jami dan Istana Kadriah Pontianak

6 Juni 2024 15:16 WIB
GM PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania (kedua dari kiri) menyerahkan tempat sampah untuk lingkungan Istana Keraton Kadariah kepada Sultan Pontianak ke-IX, Syarif Machmud Melvin Alkadrie. (Dok PLN Kalbar)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Kalbar gandeng komunitas pencinta lingkungan bersihkan sampah di salah satu cagar budaya Kota Pontianak yaitu Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman dan Istana Kadriah Pontianak.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Employee Green Involvement PLN, di momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang digelar seretak di lima titik di Kalimantan Barat, pada Rabu, 5 Juni 2024. Di antaranya Pontianak, Mempawah, Singkawang, Sanggau, dan Ketapang.

Kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan Keraton Pontianak turut diikuti Staf Ahli Gubernur Kalbar, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Christianus Lumano.

Tak ketinggalan, Sultan Pontianak Sultan Pontianak IX Syarif Machmud Melvin Alkadrie, dari pihak DLHK Kalbar, serta dari pihak Kodam XII/Tanjungpura dan Polda Kalbar juga ikut meramaikan kegiatan lingkungan ini.

Total peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 600 orang. General Manager PLN UID Kalimantan Barat, Joice Lanny Wantania apresiasi kepada pihak-pihak yang telah hadir dan turut serta dalam kegiatan peduli lingkungan ini.

Menurutnya, Tugas PLN tidak hanya melistriki Indonesia hingga ke ujung negeri. Tapi, PLN mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sehingga, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini menjadi bentuk nyata keterlibatan PLN dalam mendorong peningkatan kondisi sosial masyarakat.

“Kegiatan Employee Green Involvement di sekitaran Masjid Sultan Syarif Abdurrahman dan Istana Kadriyah yang kita gelar berkolaborasi dan bersinergi dengan beberapa stakeholder dan komunitas,” ujar Joice.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan itu, dengan mengankat sambah di lingkungan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman dan sekitar sungai kapuas.

“Ini adalah langkah nyata kepedulian PLN dan kita semua untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungan secara gotong-royong,” katanya.

Pj Gubernur Kalbar yang diwakilkan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Christianus Lumano, pun mengapresiasi PLN yang telah melaksanakan kegiatan peduli lingkungan tersebut.

“Dalam kesempatan yang luar biasa ini, saya mewakili Pj Gubernur Kalbar mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menyelenggarakan kegiatan peduli lingkungan hari ini,” ucapnya.

Ia berharap kolaborasi dan sinergi pemerintah dan PLN terus berjalan, yang nantinya dapat terus bekerja sama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Sultan Pontianak IX Syarif Machmud Melvin Al Kadrie juga mengapreesiasi PLN yang sudah peduli pada lingkungan.

“Saya berharap, program ini rutin dilaksanakan, agar lingkungan kita selalu terjaga,” pungkasnya.***


Penulis : Ril
Editor : -

Leave a comment