Bugar Refleksi Berkembang dengan Bantuan KUR Bank Kalbar

10 Juli 2024 10:13 WIB
Tempat pijat Bugar Refleksi milik pasangan suami istri Muhammad Nurkholis dan Diah Astuti berkembang berkat pinjaman modal dari KUR Bank Kalbar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kredit Usaha Rakyat atau KUR Bank Kalbar Syariah, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Pengusaha pasangan suami istri Muhammad Nurkholis dan Diah Astuti salah satunya.

Usaha bugar refleksi mereka rintis dari nol, sukses mengepakkan sayap di empat lokasi dengan pinjaman KUR Bank Kalbar Syariah. 

Bugar Refleksi adalah usaha jasa pijat seluruh badan untuk pemeliharaan kesehatan secara alami. Awal usaha pijat refleksi mereka mendapat bantuan kredit Bank Kalbar. 

Namun, siapa sangka usaha terus berkembang. Pinjaman modal pun berlanjut hingga ratusan juta rupiah. 

Hasilnya, bugar refleksi sudah ada di empat lokasi yakni di Jalan Gusti Hamzah Pontianak, Cabang lainnya ada di lokasi Jalan Danau Sentarum, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Panglima Aim, Pontianak Timur.

Pasangan suami istri dengan tiga anak dan dua cucu ini, asli berasal dari Tulung Agung, Jawa Timur. Hijrah ke Pontianak di tahun 2001, mereka jadi pijat panggilan. 

Dua tahun perjalanan mereka terpikir untuk membuat usaha sendiri dengan lokasi tetap, meski berbentuk bangunan sederhana. 

"Kebetulan ketika itu, ada kenalan yang bekerja di Bank Kalbar Syariah yang mengarahkan untuk pinjam modal di bank tersebut. Akhirnya kita setuju pinjam modal usaha, nilainya saya lupa, di bawah sepuluh jutaan," kata Diah.

Pinjaman modal usaha didapat. Tahun 2002 mulailah perjalanan usaha pijat Bugar Refleksi. 

Pilihan lokasi pertama adalah di Jalan Ayani Pontianak. Terus berkembang dengan menambah lokasi-lokasi baru, dengan beberapa kali dapat kucuran pinjaman KUR. 

"Alhamdulillah dengan bantuan modal-modal tersebut, usaha kita bisa berkembang sampai sekarang, sudah ada di empat lokasi. Hasilnya kami mampu membeli rumah sendiri dan menabung," ucap Diah.

Tak hanya itu, mereka juga mempekerjakan 48 karyawan yang sebagian besar merupakan sanak keluarga sendiri, dari anak hingga ponakan. 

Jasa yang dilayani selain pijat refleksi pengobatan, ada pula bekam basah dan bekam kering, pelayanan facial. Diah berharap Bank Kalbar terus membantu UMKM dan pelaku usaha. 

"Saya berharap Bank Kalbar juga membantu UMKM atau pelaku usaha lain untuk terus berekspresi mengembangkan bisnisnya dengan bunga yang rendah serta pelayanan terbaiknya," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment