Jaga Keandalan Pasokan Listrik, PLN Pontianak Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan

19 Juli 2024 08:38 WIB
Petugas PLN sedang melakukan pemangkasan pohon di salah satu titik yang berpotensi terjadi gangguan listrik di Kota Pontianak, Kamis (18/7/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Pontianak rutin lakukan pemeliharaan jaringan listrik. Kegiatan ini sebagai upaya prefentif menjaga keandalan pasokan listrik ke seluruh pelanggan. 

Adapun pemeliharaan jaringan yang dilakukan salah satunya adalah memangkas pohon yang berada di daerah jaringan listrik. 

Manajer PLN Pontianak, Sigit Hari Wibowo mengatakan, jarak antara dahan pohon dengan jaringan listrik minimal 3 meter. 

Sehingga, jika jarak itu sudah melebihi, maka pemangkasan pohon wajib dilakukan. Pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik ini dilakukan siang hari. 

"Agar aktivitas warga di malam hari saat beban puncak tidak terganggu," katanya. 

Sigit memastikan, pemberitahuan kepada seluruh pelanggan selalu disampaikan bila petugas PLN melakukan pemeliharaan jaringan listrik. 

Informasi itu disampaikan minimal satu hari sebelum pelaksanaan pekerjaan, lewat aplikasi PLN Mobile dan WhatsApp grup PLN menyapa pelanggan.

"Penghentian sementara aliran listrik kami lakukan di sekitar lokasi yang sedang ada pemeliharaan saja, dengan durasi yang seminimal mungkin, agar tidak terlalu mengganggu aktivitas warga," kata Sigit.

Jadwal pemeliharaan biasanya diatur maksimal 3 jam. Namun, durasi ini tergantung kondisi di lapangan dan tingkat kerumitan pekerjaannya.

"Kalau hanya pemangkasan pohon, biasanya tidak perlu waktu berjam-jam. Kecuali ada perbaikan atau penggantian instalasi, maka durasinya bisa agak lama," pungkas Sigit.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar