Mengenal Tapai Menaon Khas Pontianak: Kuliner Wajib Saat Lebaran dan Moment Budaya Melayu

11 Maret 2024 10:58 WIB
Ilustrasi tapai menaon

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tuk icip-icip kuliner unik lokal yang tak kalah dengan kuliner lainnya di Kota Pontianak. Tapai Menaon biasa disebut, khususunya masyarakat Melayu di sana. 


Kuliner satu ini bisa disebut sebagai kuliner lokal yang biasnaya selalu ada saat momen-momen penting, seperti lebaran hingga kegiatan perayaan budaya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.  


Tapai Menoan termasuk kuliner langka karena termasuk jajanan tradisional yang jarang ditemukan, kebanyakan hanya saat lebaran atau hari penting baru jajanan ini disajikan. 


Ada arti khusus lho untuk Tapai Menaon ini. Bahasa setempat Melayu Pontianak Tapai berarti tapai dan menaon artinya menahun. Ternyata dibaliknya namanya punya arti khusus lho.


Seperti namanya ini terbuat dari ketan hitam. Dengan rasa asam dan kenyal membuat tak cukup hanya memakannya satu kali saja. Tapai Menaon atau biasa disebut tape katan atau orang Pontianak menyebutnya padi arang. 


Mengutip dari budaya-indonesia.org,  Tapai Menaon menyerupai bubur ketan hitam. Nah, kenapa demikian ternyata Tapai Menaon diberi nama demikian karena proses memasaknya yang lama, seolah-olah seperti “menaon” atau menahun. 


Rasa tapai ini juga sangat khas karena perpaduan rasa asam dari fermentasi dan manis dari gula pasir. Apabila Anda sedang berada di Pontianak atau sedang mencari oleh-oleh khas Pontianak, Tapai Menaon ini bisa menjadi pilihan karena keunikan rasanya.


Kekhasan dari tapai ini selain dari proses memasaknya juga dari ragi yang digunakan. Tapai Menaon ini tidak menggunakan ragi instan yang dijual di pasaran, melainkan dari fermentasi beras putih yang direndam air lalu dibiarkan berhari-hari sampai beras hancur dan mengeluarkan rasa asam. 


Berikut resep Tapai Menaon dikutip Cookpad, yuk cek di sini:


Bahan-bahan


1 jam

1 cup

500 gr ketan hitam

250 ml air panas

1.5 biji ragi tape


Cara Membuat


Langkah 1

Siapkan bahannya. Ketan hitam dicuci bersih dan direndam air selama 2 malam, dengan mengganti dan juga membilas dengan air setiap pagi dan sore.


Langkah 2

Kukus ketan hitam yang sudah direndam selama 30 menit, yang sebelumnya sudah ditiriskan.


Langkah 3

Angkat ketan dan masukkan dalam panci atau wadah yang lebih besar, tuang dengan air panas dan biarkan air panas menyerap dalam beras ketan hitam, dengan diaduk-aduk merata. Kukus ketan lagi selama 30 menit.


Langkah 4

Angkat dan biarkan ketan hitam kukus hingga benar-benar dingin.


Langkah 5

Taburi ketan hitam kukus dengan ragi tape yang sudah dihaluskan dengan diayak diatasnya, sedikit-sedikit dan diaduk hingga merata dengan sesekali diberi ayakan ragi tape.


Langkah 6

Setelah tercampur rata, siapkan wadah bertutup alas dengan daun pisang yang sudah di lap bersih, letakkan ketan hitam yang sudah bertabur ragi tape kemudian tutup lagi atasnya dengan daun pisang. Biarkan hingga 3-4 hari.


Langkah 7

Setelah 3 hari aroma tape mulai keluar, dan hari ke 4 tape mulai berair dan manis. Siap dinikmati. Jika masih ada tapenya simpan dilemari es, supaya proses fermentasi tidak berjalan. Dinikmati dingin akan lebih nikmat. 



Nah, bagaimana? sangat mudah bukan. Kuliner Tapai Menaon ini sudah dijual meski jarang, tapi di platform media sosial sudah banyak yang menjual kuliner satu ini. (REDAKSI)


Leave a comment