Mau Berbuka dengan Kue Manis? 5 Kuliner Khas Pontianak yang Rekomended Selama Ramadhan, Awas Ketagihan!

12 Maret 2024 15:52 WIB
Ilustrasi kue talam ebi khas Pontianak

PONTIANAK, insidepontianak.com - Selama bulan Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Nah, kebiasaan warga Kota Pontianak adalah menyantap kudapan manis. 

Kudapan manis umumnya punya tekstur lembut dan renyah.  Kota Pontianak banyak memiliki kuliner khas yang beragam dan banyak punya nama dan citarasa unik yang menyegarkan. 

Pastinya sangat cocok dihidangkan saat bulan puasa. Selain gorengan, kue manis selalu jadi incaran para pemburu takjil. Hampir di seluruh pasar juadah pun menjual kuliner yang punya cita rasa manis. 

Kota Pontianak punya berbagai nama unik untuk kulinernya. Tak hanya rasa manis, rasa gurih dan renyah pun hampir rata dalam masakan khas Pontianak ini. 

Yuk berburu kudapan manis dan menyegarkan lidah. Agar, puasa kamu tidak sia-sia membeli pun secukupnya, jangan sampai kekenyangan dan lupa sholat taraweh. 

Berikut kue manis khas Pontianak di bulan Ramadhan yang mimin rekomended:

1. Batang Burok

Ada yang tahu kuliner khas Kota Pontianak bernama batang burok? Yup mungkin tak banyak mengetahui bahwa batang burok adalah kue khas Melayu yang sulit ditemukan. 

Kue batang burok ini kuliner Pontianak yang sudah lama di lupakan. Konon katanya kue ini hanya disajikan untuk raja Pontianak dan para tamu kerajaan saja, sehingga kurang familier di masyarakat atau rakyat biasa.

Untuk rasa, gurih dan pedas mendominasi kue batang burok ini. Belum lagi, campuran ebi menambah rasa di lidah.

2. Kue Tart Susu

Kue tart susu ini hampir sama dengan kue pai, bedanya dalam hal isian. Punya tekstur lembut dan renyah di setiap gigitannya. Kue tart ini semacam kudapan manis. Terbuat dari perpaduan antara tepung terigu, telur dan susu. Cocok untuk puasa kamu yaa. 

3. Kue Bingke

Nah, ini juga wajib ada saat berbuka puasa. Terutama kue khas lokal Pontianak, seperti kue bingke, kue talam hingga blodar. Siapa yang tak tahu rasa manis dan gurih dari kue bingke khas Pontianak ini. Pastinya, kuliner kue manis seperti kue bingke akan menambah semangat saat hendak berbuka puasa bukan? 

4. Jorong-jorong 

Kue jorong jorong termasuk yang langka tapi gampang ditemui sepanjang bulan Ramadhan ini. Joorng-jorong termasuk salahs atu kue khas Kota Pontianak. Kue ini berbentuk persegi dengan balutan daun pandan.

Kue asal Kalimantan Barat ini memiliki rasa dan aroma pandan yang harum. Ini dikarenakan wadah atau cetakkannya menggunakan daun pandan. Gurihnya santan bercampur dengan tepung beras terasa lembut saat dinikmati. Paduan manis dan gurinya santan menambah rasa unik kuliner satu ini.

5. Kue Talam 

Kue talam ini beda dengan kue jorong-jorong. Talam ebi semacam kudapan yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Bedanya adalah di topping dengan menggunakan ebi sehingga gurih rasanya. Kue talam ini sulit ditemukan di hari biasanya tapi di bulan puasa, sangat mudha kamu temukan yaaa.


Nah, demikian hidangan kue manis yang cocok untuk bulan Ramadhan. Bisa kamu dapatkan di pasar juadah di hampir sudut Kota Pontianak. Selamat mencoba. (REDAKSI)




Leave a comment