Nikmatnya Mie Gosong, Kuliner Khas Sambas Kalimantan Barat

14 Maret 2024 12:26 WIB
Mie Gosong kuliner Khas Sambas. (Insidepontianak.com/Nia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Sambas bukan hanya terkenal dengan beragam budayanya yang unik, tetapi juga kulinernya, salah satunya adalah mie gosong.

Mie gosong adalah kuliner khas Sambas yang cukup terkenal di kalangan warga lokal maupun pendatang.

Bagi yang pertama kali mendengar nama kuliner yang satu ini, mungkin akan terdengar aneh, kok mie gosong dijadikan kuliner?

Mie gosong bukanlah mie yang dimasak sampai gosong lalu disajikan. Tapi, mie gosong merupakan plesetan dari mie kosong.

Penamaan itu karena panganan yang satu ini tidak ada toping campuran daging. Yang ada hanya menggunakan telur yang diorak arik saja.

Mie gosong penyajiannya hampir sama dengan mie goreng pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah mie gosong menggunakan campuran daun katuk atau biasa disebut cangkok manis dan toge.

Dengan perpaduan tersebut menghasilkan aroma yang harum dan unik. Dan, tentunya mie gosong dimasak menggunakan tungku api. Sehingga rasanya menjadi sangat khas.

Ketika mulai menyantap mie tersebut, sedikit sensasi rasa pahit terekam di lidah, namun itu menambah kesan rasa yang nikmat dan berbeda.

Di Kota Sambas, mie gosong bisa ditemukan di beberapa sudut kota, dan salah satu yang terkenal adalah mie gosong Mak Nyah, yang terletak di Pasar Melayu Sambas.

Warung makan ini buka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Hanya Rp16 ribu rupiah saja untuk satu porsinya.

Jika berkunjung ke Kota Sambas, jangan lupa buat cobain kuliner khas mie gosong Ya! (nia)***

Leave a comment