Resep Ramadhan Hari Ini: Pangsit dan Kumis Naga, Cemilan Sehat Menunggu Waktu Berbuka

25 Maret 2024 14:27 WIB
Pangsit dan Kumis Naga/Cookpad

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bulan puasa tak harus semangat kendur dan tak bersamangat tapi justru sebaliknya. Nah mimin akan berikan resep Ramadhan hari ini yaitu Pangsit dan Kumis Naga. 

Nah lho apa sih Pangsit dan Kumis Naga? Nah itu adalah kuliner peranakan yang pas untuk cemilan Ramadhan. Buatnya pun gampang lho.

Mimin yakin, Pangsit dan Kumis Naga ini akan jadi makanan favorit keluarga tercinta. Apalagi, pas banget untuk pembuka Ramadhan. 

Berikut resep Ramadhan hari ini Pangsit dan Kumis Naga, yuk cek di sini. 


Bahan-bahan

25 menit

24 pcs


Bahan A :

500 g fillet dada campur paha ayam

250 g udang

3 butir bawang putih, diparut

3 buah bawang merah, diiris dan digoreng

1 putih telur


Bahan B (seasoning) :

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap asin

1 sdm kecap ikan

1/2 sdm minyak wijen

1 sdm kaldu jamur

1/2 sdt lada bubuk

1/2 sdt garam

50 g tapioka


Bahan C : 1 pack kulit pangsit

Bahan D : 1 batang bawang daun

Bahan E : 1 buah wortel (100g)


Cara Membuat

1

Fillet ayam dipotong-potong kecil dulu.. Udang dikupas. Sisihkan

2

Siapkan bahan lainnya. Wortel dipotong kotak kecil. Bawang daun diiris halus. Sisihkan

3

Masukkan semua bahan A kedalam Chopper. Proses hingga halus. Lalu tambahkan bahan B kedalam chopper. Proses lagi hingga tercampur rata.

4

Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian dicampurkan dengan bawang daun iris (bahan D), ini nanti dijadikan bahan isian PANGSIT. Bagian adonan yang lainnya dicampurkan dengan wortel (bahan E), sebagai bahan isian KUMIS NAGA.

5

Membuat cemilan PANGSIT : ambil 1 lembar kulit pangsit, beri 1 sdm adonan D. Lipat membentuk segitiga. Rekatkan dg sisa adonan.

6

Selanjutnya kedua ujung segitiga kulit pangsit disatukan dg perekat dari sisa adonan. Lalu susun pangsit dalam saringan kukusan yg sudah dioles minyak, agar tidak lengket.

7

Membuat cemilan KUMIS NAGA :

Kulit pangsit dipotong/diiris memanjang lebar 1/2 cm menyerupai kumis naga yang memanjang. Lalu ambil 1 sdm adonan E (berisi wortel). Bentuk bulat adonan, gulingkan kedalam potongan kulit pangsit. Lakukan sampai adonan habis

8

Susun semua adonan yg sudah dibentuk kedalam dandang kukusan. Beri olesan minyak permukaan kulit semua adonan agar tidak mudah lengket dan kulit tetap lembut. Lalu kukus selama 25 menit atau sampai matang

9

Untuk stok frozen food. Tunggu dingin dulu. Lalu kemas dalam thinwall. Simpan dalam freezer tahan 1 bulan. Bila ingin disajikan kriuk bisa digoreng dulu, atau disajikan dg dikukus kembali.

Nah, demikian membuat resep Pangsit dan Kumis Naga yahng bisa kamu nikmati bersama keluarga di rumah yaa. (REDAKSI)

Leave a comment