Riam Pancarek, Wisata Alam Air Terjun Sajingan Besar Sambas yang Menyegarkan

2 April 2024 17:22 WIB
Riam Pancarek, wisata alam air terjun, di Sajingan Besar, Sambas yang menyegarkan. (Insidepontianak.com/Nia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Riam Pancarek, merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Tempat wisata air terjun ini, menyimpan keindahan alam yang eksotik, dan sangat rekomendasi menjadi pilihan tujuan berlibur.

Riam Pencarek yang berada di antara bukit-bukit, sangat menarik dijadikan tempat untuk berfoto.

Suara gemircik air yang mengalir melewati susunan bebatuan dan hawa dingin dari percikan air seakan menyapa kulit.

Setelah melewati bebatuan yang tersusun sebagai akses untuk menuju air terjun kecil yang indah, Anda langsung tersuguhkan dengan air yang terus mengalir dari atas batu yang cukup tinggi.

Di bawahnya, ada sungai. Airnya biru. Bisa untuk mandi, khusus orang dewasa. Suasana di Riam Pancarek sangat tenang. Hanya terdengar percikan air, suara-suara kicauan burung dan jangkrik.

Karena itu, Riam Pancarek sering dikunjungi warga lokal maupun pendatang untuk refreshing, bersama teman ataupun keluarga.

Selain itu, batu-batu yang tersusun di bawah pohon rindang, bisa menjadi tempat untuk camping. Juga bisa sambil bakar-bakar lho.

Dari kota Sambas menuju Riam Pancarek, perjalanan bisa ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan. Tapi, jika dari Aruk Perbatasan hanya sekitar 30-40 menit saja.

Akses jalannya cukup mudah, bisa menggunakan sepeda motor. Namun untuk naik ke lokasi harus jalan kaki. Jaraknya tidak jauh. Tentunya, masuk ke sini gratis tanpa biaya parkir ataupun tiket masuk.

Jadi sobat Insidepontianak.com kalau berkunjung ke Sajingan Besar, jangan lupa mampir ke Riam Pancarek, Ya! (Nia)***

Leave a comment