Resep Ramadhan Hari Ini: Chocolate Mousse ala Restoran, Hidangan Mewah yang Punya Tekstur Mantul di Lidah

4 April 2024 16:06 WIB
Chocolate Mousse/masakapahariini

PONTIANAK, insidepontianak.com - Chocolate mousse adalah salah satu hidangan penutup restoran yang jadi best seller.

Nah, di reep Ramadhan hari ini kita akan membuat Chocolate mousse ala restoran tapi dengana bahan rumahan seadanya saja.

Bisa? Tentu bisa bunda. Tak sulit membuat Chocolate mousse semewah dan seenak restoran berkelas lho, asal bahannya tepat.

Chocolate mousse merupakan krim, namun teksturnya terasa lebih berisi. Konsistensinya bisa dibilang tidak berbusa seperti whipped cream, tapi juga tidak padat seperti puding. Karena ada kandungan udara di dalamnya, mousse tetap terasa ringan.

Uniknya ada proses mencerna terlebih dahulu di mulut selama beberapa waktu sehingga menjadikannya enak untuk dinikmati berlama-lama.

Bahan

4 Porsi

250 ml krim kental

3 sdm gula pasir berbutir halus

2 kuning telur ayam

100 g cokelat pekat/dark chocolate

2 lembar gelatin, rendam dalam air es

 

Candied orange

2 buah jeruk navel

250 ml Buavita Orange

4 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Candied orange: Kupas memanjang kulit jeruk dengan peeler. Belah menjadi 4 bagian masing-masing irisan kulit jeruk. Rebus kulit jeruk di atas api kecil bersama Buavita Orange dan 1 sdm gula pasir. Masak selama 15 menit atau hingga menyusut.

Angkat.

Tiriskan kulit jeruk hingga kandungan airnya berkurang. Gulingkan ke atas gula pasir hingga kulit jeruk terselimuti dengan gula. Dinginkan dalam kulkas hingga mengeras. Sisihkan.

2

Chocolate mousse: Masak 125 g krim kental dan gula di atas api kecil. Masukkan kuning telur sambil diaduk perlahan hingga rata. Tuang cokelat masak pekat, aduk rata. Angkat.

3

Saat tidak panas, masukkan sisa krim kental dan gelatin. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan berbentuk kubus (diameter 8 cm). Simpan di dalam freezer hingga memadat (± 1 jam). Sisihkan.

4

Siapkan chocolate mousse, taburi candied orange ke atasnya. Sajikan.

Mudah bukan, bunda juga bisa membuatnya di rumah dengan bahan-bahan murah yang pastinya hemat. Selamat mencoba. (REDAKSI)

 

Leave a comment