Resep Ramadhan Hari Ini: Sponge Cake Mini Jeruk, Manis, Asam Plus Segar

4 April 2024 16:25 WIB
Sponge Cake Mini Jeruk/masakapahariini.com

PONTIANAK, insidepontianak. com - Sponge Cake Mini Jeruk terenak yang pernah kamu? Nah mimin akan berikan resep Ramadhan hari ini kudapan manis nan segar.

Sponge Cake Mini Jeruk yang bisa kamu buat di rumah. Kudapan ini semacam sponge cake sebenarnya adalah kue jadul dari Eropa yang muncul sejak abad ke-16. 

Sponge Cake Mini Jeruk berawal dari Italia dan dipopulerkan di Inggris, dulunya sponge cake tidak mengembang seperti sekarang dan hanya berbentuk seperti cookie.

Namun, baru di abad ke-18 sponge cake berubah bentuk sesuai definisinya – ringan, lembut, dan teksturn, ya yang seperti spons.

Apakah sulit untuk membuat Sponge Cake Mini Jeruk? Jawabannya tidak. Mudah kok bun, asal ikuti step by step dan kesabaran.

Berikut resep Ramadhan hari ini Sponge Cake Mini Jeruk yang segar dan enak banget. Resep ini dikutip dari masakapahariini.com.

Bahan
6 Porsi

125 g tepung terigu
1 sdt baking powder
4 butir telur ayam
150 g gula pasir
100 ml Buavita Orange
1 sdm orange zest
¼ sdt ekstrak vanilla

Pelengkap

Wall’s Classic Vanilla Ice Cream

Cara membuat

1
Panaskan oven pada suhu 160 ° C. Sisihkan.
2
Ayak bersama tepung terigu dan baking powder.
3
Pisahkan kuning dan putih telur. Sisihkan bagian kuningnya.
4
Kocok putih telur menggunakan mixer kecepatan tinggi sambil dimasukkan gula pasir sebanyak 75 gram secara bertahap. Kocok hingga mengembang (soft peak) . Sisihkan.
5
Kocok kuning telur bersama sisa gula pasir menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan berjejak (saat mikser diangkat, adonan bertekstur foamy dan berjejak) . 

Turunkan kecepatan mixer, Tambahkan Buavita Orange dan tepung terigu secara bertahap dan bergantian atau berselang seling sambil dikocok terus hingga tercampur rata. Tambahkan, orange zest dan ekstrak vanilla, kocok rata.

6
Ambil 1/3 adonan putih telur, aduk lipat bersama adonan kuning telur hingga rata. Tuang sisa adonan putih telur, aduk lipat kembali hingga rata.
7
Tuang ke dalam cetakan loyang tulban mini atau loyang bolu mini atau loyang muffin yang sudah diolesi margarin.
8
Panggang sponge cake dalam oven panas selama 20 menit atau hingga matang. Keluarkan dari dalam oven. Biarkan sebentar, keluarkan dari dalam loyang.
9
Sajikan bersama Wall’s Classic Vanilla Ice Cream. 

Gimana, mudah bukan? Yuk bunda buat kudapan Sponge Cake Mini Jeruk yang bisa disajikan untuk si kecil ya bun. Selamat mencoba. (REDAKSI)

 

Leave a comment