Kuliner Korea Selatan yang Populer di Kota Pontianak: Dari Tteokbokki hingga Kimchi

17 April 2024 15:17 WIB
makanan korea/Pinterest

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menikmati sajian Korea Selatan tak mesti langsung ke Korea bukan? Bisa juga di sini, di Kota Pontianak lho. 

Ternyata banyak restoran hingga kafe manawarkan beragam menu khas negeri gingseng tersebut. Dari Tteokbokki hingga sayuran masam seperti Kimchi yang cukup populer di Kota Pontianak. 

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang digemari banyak orang, mulai dari industri musik, film hingga makanan. Tak terkecuali di kalangan masyarakat Kota Pontianak.

Demam Korea tak hanya merambah Indonesia, Kota Pontianak Kalimantan Barat pun terkena imbasnya. Tercatat, sudah banyak berdiri restoran korea atau cafe yang menjual menu khas Korea ini. 

Namun di sini mimin akan membagikan makanan khas Korea yang populer paling populer dan sering diburu. Makanan Korea ini pastinya sangat familiar bagi lidah orang Pontianak: 

Berikut daftar nama-nama kuliner atau makanan khas Korea populer di Kota Pontianak: 

1. Kimbab

Gimbab ataupun kimbab merupakan salah satu makanan yang biasa sering dilihat di drama Korea, namun kamu ga perlu takut di Pontianak sendiri sudah ada menu ini.

Kimbab merupakan nasi gulung khas Korea yang bentuknya menyerupai Sushi namun tentunya isiannya berbeda. Untuk Kimbab sendiri sangat cocok untuk disajikan bersama Tteokbokki

2. Kimchi

Siapa yang tidak tahu dengan menu yang satu ini bagi pencinta Korea pasti sudah sangat Familiar. 

Kimchi adalah makanan tradisional Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Selain bisa kamu temui di Restoran, Kimchi juga bisa dibuat sendiri lho dirumah.

3. Tteokbokki

Ini adalah hidangan khas Korea berupa tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tepung beras yang dipakai berbentuk bulat batang yang memanjang, untuk menu ini sendiri bisa dijumpai di Restoran dan Mini Market dalam kemasan instan.

4. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah merupakan menu khas korea yany terkenal, menu ini berupa mie yang dihidangkan dengan saos kacang kedelai hitam dan disajikan dengan berbagai toping bisa sayur muapun daging.

5. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah merupakan menu khas korea yany terkenal, menu ini berupa mie yang dihidangkan dengan saos kacang kedelai hitam dan disajikan dengan berbagai toping bisa sayur muapun daging.

6. Mie Samyang

Mie Samyang adalah salah satu mie Instan dari korea yang sangat disukai oleh pencinta korea, tak heran banyak supermarket yang menjual makanan yang satu ini, mempunyai berbagai varian dengan berbagai cita rasa, biasanya Samyang identik dengan rasa pedas. Tentunya Samyang ada yang Halal ya.

7. Bingsoo atau Bingsu

Bingsoo adalah salah satu makanan ala korea yang terbuat dari es serut. Hidangan ini sangat cocok dinikmati saat musim panas dan mempunyai varian toping yang berbeda.

Bingsu tradisional yang populer di Negeri Ginseng adalah patbingsu yang menggunakan kacang merah masak gula. 

8. Odeng

Odeng ini hampir sama dengan Tteokbokki. Bedeanya, odeng hanya menggunakan kuah bening sebagai padananya. Umumnya, odeng terbuat dari ikan. Biasanya disebut kue ikan. Kalau di Indonesia, hampir sama dengan bakso ikan. 

Khas odeng sangat terasa. Bentuknya panjang dengan tekstur kenyal. Biasanya bentuknya per lembar, lalu di tusuk di tengah-tengah sehingga menyerupai lembaran bergelombang. Di Kota Pontianak, odenn cukup populer lho.

9. Ramyeon

Ramyeon adalah salah satu hidangan mie kuah ala korea. Menu ini biasa dibuat dari mie basah maupun mi instan, merek ramyun instan selain dikonsumsi di negara Korea Selatan, ada juga yang diekspor sampai ke luar negeri.

Seperti ke Tiongkok, Hong Kong, Makau, Jepang, dan Indonesia. Ramyeon Korea sendiri biasanya mempunyai cita rasa yang pedas.

Sekian informasi mengenai 9 makanan khas korea yang populer di Kota Pontianak, semogga bermanfaat ya sobat inside. Kamu bisa menentukan restoran Korea mana yang paling ingin kamu datangi. (NIA)

 

 

Leave a comment