Sejarah Jeruk Pontianak: Si Kulit Tipis yang Dibawa Langsung Imigran Tiongkok

30 April 2024 09:02 WIB
Jeruk Pontianak/Swadayaonline

PONTIANAK, insidepontianak.com - Jeruk Pontianak atau jeruk Sambas salah satu komoditi yang cukup menjanjikan Kalimantan barat. 

Tahukah kalian bahwa jeruk Pontianak memiliki nama ilmiah Citrus nobilis. Dikutip dari wikipedia,  jeruk Pontianak adalah jenis jeruk siam yang telah lama menjadi salah satu komoditas unggulan tanaman hortikultura lokal. 

Bukan rahasia umum jika jeruk Pontianak telah terkenal secara luas dan diakui memiliki rasa yang khas, berkulit tipis, manis dengan sedikit rasa asam.

Sebenarnya jeruk ini bukanlah hasil produksi pertanian Kota Pontianak. Sentra tanaman jeruk justru berasal dari Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. 

Namun sejak lama jeruk ini telah dikenal dengan merek dagang "Jeruk Pontianak". Dalam istilah bahasa Melayu, "Tebas punye jeruk, Pontianak punye name".

Jeruk Siam

Wikipedia mencatat sejarah pengembangan Jeruk Siam yang akhirnya terkenal sebagai Jeruk Pontianak di Kalimantan Barat terjadi sejak tahun 1936.

Saa itu, di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas imigran Tionghoa yang menetap di Kalimantan Barat membawa bibit tersebut.

Pada awalnya hanya dimanfaatkan untuk penganan mereka saja. Hingga awal tahun 1950 jeruk siam telah berhasil dibudidayakan hingga mencapai 1.000 ha, meski harus ditbang karena terkena hama. 

Pada tahun 1979 perkebunan jeruk pontianak dikembangkan kembali oleh masyarakat bersama pemerintah untuk kebutuhan komersil,  dan sampai 1990-an mengalami masa kejayaan yaitu mencapai 10.000 ha lebih dengan produksi 26.000 ton per tahun. Dari tahun 1988 hingga 1991, produksi jeruk pontianak naik dari 76.000 ton menjadi 199.000 ton.

Rasa Unik

Jeruk Pontianak memiliki rasa yang khas, berkulit tipis, manis dengan sedikit rasa asam. Keunggulan jenis jeruk siam ini antara lain soal popularitasnya yang sudah terkenal baik di dalam negeri maupun internasional lho. 

Jeruk Pontianak biasanya untuk menambahkan rasa akan dicampur dengan buah lagi, terutama buah kelapa muda. 

Jeruk siam termasuk salah satu varietas jeruk yang paling banyak diusahakan dan mendominasi 60% pasaran jeruk nasional. Jeruk siam tumbuh baik di berbagai daerah sentra produksi seperti Kalimantan Barat (Pontianak), 

Nah demikian infomasi mengenai Jeruk Pontianak yang bisa kemu gali. Semoga bermanfaat. (REDAKSI)


Penulis : Wati Susilawati
Editor : -

Leave a comment