Mau Transplantasi Rambut Tak Harus ke Luar Negeri, Indonesia Punya Banyak Keuntungan dan Anggaran Terjangkau

10 Juli 2024 14:39 WIB
Ilustrasi transplantasi rambut/Pixabay

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mau transplantasi rambut harga ekonomi tapi berkualitas? Saatnya untuk berhemat karena di tanah air sudah memiliki teknologi tersebut.

Ada sejumlah keuntungan bagi pasien yang melakukan transplantasi rambut di Indonesia lho. Mau tahu? Yuk simak di sini.

Menurut ahli anti-aging medicine (AAM) Jakarta Hair Transplant dr. Cynthia Lawrence, M.Biomed, biaya tanam rambut di Indonesia sudah mencakup banyak layanan esensial seperti aftercare yang seringkali harus dibayar terpisah di luar negeri. 

Cynthia menuturkan dalam beberapa tahun terakhir tanam rambut kembali jadi solusi yang digandrungi banyak orang yang mengalami masalah kebotakan dan ingin tampil lebih percaya diri.

Sayangnya, kebanyakan memilih untuk melakukan prosedur tanam rambut di Turki yang dianggap sebagai pencetus tren (tren setter) tanam rambut pertama kali.

Padahal meski harga di sana kompetitif, harga di tanah air lebih ekonomis tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Kelebihan program tanam rambut di tanah air selain harganya yang lebih murah adalah aksesnya lebih mudah di jangkau. Hal ini dikarenakan pasien tidak perlu repot mengurus visa, tiket pesawat, dan akomodasi yang biasanya memakan biaya dan waktu.

“Pasien bisa langsung datang dan berkonsultasi langsung sebelum melakukan prosedur tanam rambut. Selain itu, kontrol pasca-prosedur juga lebih mudah dilakukan tanpa harus terbang kembali ke luar negeri,” ujarnya.

Cynthia menekankan bahwa klinik tanam rambut di Indonesia seperti pihaknya sudah terstandar internasional karena menggunakan teknik transplantasi rambut yang setara dengan Follicular Unit Extraction dan Direct Hair Implantation untuk memastikan bahwa pasien dapat memperoleh perawatan berkualitas tinggi tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Dalam hal komunikasi, ia memastikan bahwa penjelasan prosedur yang disampaikan oleh dokter dapat lebih mudah dimengerti oleh pasien, sehingga baik kebutuhan maupun keluhan dapat tersampaikan dengan baik.

Keuntungan lainnya bila melakukan tanam rambut di Indonesia adalah perawatan pasca-prosedur yang lebih mudah didapat.

“Ada klinik yang menawarkan program lengkap yang mencakup akomodasi, prosedur, dan aftercare. Hal ini membantu pasien dalam proses persiapan dan pemulihan guna memastikan hasil yang optimal,” ucap Cynthia. (ant)


 


Penulis : REDAKSI
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment