McDonald’s Indonesia Buka di Singkawang Kalbar, Sajikan Menu Halal Berkualitas dari Mitra Lokal

18 Agustus 2024 11:03 WIB
McDonald’s Indonesia, di bawah PT Rekso Nasional Food, resmi membuka restoran pertamanya di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Singkawang. (Istimewa)

SINGKAWANG, insidepontianak.com - McDonald’s Indonesia, di bawah PT Rekso Nasional Food, resmi membuka restoran pertamanya di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Singkawang. 

Peresmian restoran McDonald’s di Kota Seribu Kelenteng itu digelar bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Sabtu (17/8/2024). 

Setelah lebih dari 30 tahun menemani keluarga Indonesia, restoran cepat saji yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan lokal ini terus berkomitmen untuk memperluas jangkauannya demi menghadirkan pengalaman bersantap yang menyenangkan bagi seluruh penggemarnya. 

Menempati lahan seluas 3.340 m², McDonald’s Singkawang beroperasi selama 24 jam. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas utama untuk kenyamanan pelanggan saat menikmati santapan bersama keluarga dan orang-orang terdekat. 

Fasilitas tersebut mencakup musala, ruang perayaan ulang tahun anak (party room), area bermain anak (playland), layanan Drive Thru, akses Wi-Fi gratis, dan Self Ordering Kiosk (SOK) yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan secara mandiri. 

Selain menikmati makanan di restoran atau membawanya pulang, pelanggan juga dapat memesan produk melalui layanan pesan antar seperti GrabFood dan GoFood. 

"Sejak pertama kali kami hadir di Kalimantan pada 2002, telah melihat potensi besar dan perkembangan signifikan yang dimiliki wilayah ini," kata Peni Andayani, Associate Director of Operations PT Rekso Nasional Food, 

"Hal tersebut yang mendorong kami untuk memperluas investasi jangka panjang di Kalimantan sehingga dapat melayani lebih banyak masyarakat," sambungnya. 

Dan sekarang, setelah lama dinanti masyarakat, akhirnya restoran pertama McDonald’s di Kalimantan Barat, yang sekaligus menjadi restoran McDonald’s Indonesia ke-12 di Pulau Kalimantan resmi dibuka. 

"Terima kasih atas antusiasme masyarakat yang telah menyambut kehadiran McDonald’s Singkawang dengan begitu baik. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kami bangga bisa menghadirkan satu lagi restoran hasil usaha anak bangsa untuk masyarakat Indonesia," ucapnya. 

Tak hanya sekadar menyajikan menu-menu yang lezat, McDonald’s Indonesia juga berkomitmen untuk menyediakan menu-menu halal dan berkualitas. Komitmen ini telah diterapkan secara konsisten selama lebih dari tiga dekade. 

Hal ini terbukti dengan pencapaian McDonald’s Indonesia sebagai restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 1994, serta restoran cepat saji pertama di Indonesia yang mengantongi sertifikat halal yang berlaku sepanjang masa, selama tidak ada perubahan proses produksi dan komposisi produk, dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. 

Selain menjamin kehalalan produk dan restorannya, McDonald’s Indonesia yang telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia juga berkomitmen untuk menggunakan bahan baku berkualitas dari mitra lokal. 

Sejak hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1991, McDonald’s Indonesia mengutamakan penggunaan bahan baku lokal sebagai upaya untuk mendorong pemberdayaan para mitra pemasok lokal dan mendukung pertumbuhan bersama. Saat ini, sekitar 75% dari bahan baku berkualitas yang digunakan oleh McDonald’s Indonesia bersumber dari mitra pemasok lokal, mulai dari daging ayam, sayuran, telur, beras, cabai, hingga minyak goreng. 

Bentuk lain dari kontribusi positif McDonald’s Indonesia terhadap masyarakat Indonesia adalah dengan menyerap tenaga kerja lokal untuk mengoperasikan restorannya, baik untuk posisi kru maupun manajer. 

Pada tahap pembukaan ini, McDonald’s Singkawang telah merekrut sebanyak 26 karyawan lokal, ditambah 26 karyawan lainnya yang juga merupakan putra-putri asli Kalimantan yang saat ini diperbantukan dari restoran McDonald’s di Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, dan Palangkaraya. Jumlah tenaga kerja lokal di Singkawang akan terus bertambah sesuai kebutuhan. 

Sejalan dengan semangat ‘Dari Indonesia Untuk Indonesia’ yang senantiasa diusung, McDonald’s Indonesia memiliki komitmen kuat untuk memberikan nilai tambah kepada daerah tempat restoran berdiri dan siapa pun yang terlibat di dalamnya. 

Selain berkontribusi terhadap pendapatan daerah melalui pajak, kehadiran McDonald’s Singkawang juga menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

"Kami secara konsisten merekrut tenaga kerja lokal untuk bekerja di restoran kami. Hal ini juga berlaku untuk pembukaan restoran kami di Kota Singkawang, di mana kami memastikan bahwa tenaga kerja lokal memiliki kesempatan untuk bergabung dan berkontribusi,” jelas Peni. 

Anggi Franata, salah satu karyawan asli Kota Singkawang, mengungkapkan antusiasmenya atas kehadiran McDonald’s di kota tersebut dan kesempatan kerja yang diberikan. 

“Mengingat sulitnya mencari pekerjaan saat ini, saya sangat bahagia dan bersyukur McDonald’s Indonesia membuka restoran baru di Singkawang, karena membuka peluang kerja bagi saya dan teman-teman," katanya. 

Apalagi perusahaan juga memberikan kesempatan besar untuk belajar dan berkembang. Meskipun diabaru bergabung dengan PT Rekso Nasional Food, tapi sudah mendapatkan banyak pengetahuan baru. 

"Sebagai putra asli Singkawang, saya berharap kehadiran McDonald’s dapat membawa kemajuan dan perkembangan bagi kota ini," harapnya. 

Di bawah payung program Mekdi untuk Kemanusiaan, PT Rekso Nasional Food juga memperkuat dampak positifnya terhadap Kota Singkawang dengan memberikan bantuan dan berbagi kebahagiaan kepada masyarakat sekitar. 

McDonald’s Singkawang telah mengundang anak-anak dari panti asuhan sekitar dan membagikan santunan paket makan kepada 100 anak. 

Sejumlah karyawan McDonald’s Singkawang ikut terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama anak-anak panti asuhan. 

Selain itu, McDonald’s Singkawang juga memberikan bantuan berupa karpet salat kepada Masjid Al Ikhlas dan sound system untuk Gereja Pelita Kasih. 

Pembukaan restoran McDonald’s Singkawang semakin meriah dengan berbagai promo spesial yang ditawarkan. Selain promo 4 Ayam Krispy McD + 2 Regular Rice + 2 Fruit Tea Lemon Regular seharga Rp59.091,- (belum termasuk pajak) yang berlaku sampai 31 Desember 2024, ada juga promo kemerdekaan bertajuk ‘Agustusan Seru Lewat Drive Thru’ yang berlaku selama 15-18 Agustus 2024. 

Promo spesial ini menawarkan Paket Merdeka, yang terdiri dari 2 PaNas 1 Ayam McD Opor Sambal Terasi, Choco Caramel Pie, dan Banana McFlurry with Oreo, hanya seharga Rp79.545. 

Sebagai informasi, setiap tahun McDonald’s Indonesia secara konsisten menghadirkan kampanye ‘Ini Rasa Kita’ dengan menu spesial bercita rasa nusantara untuk merayakan bulan kemerdekaan, dan menu spesial yang diperkenalkan tahun ini adalah Ayam McD Opor Sambal Terasi. 

Lebih lanjut, semarak kemerdekaansemakin terasa dengan berbagai ornamen dan dekorasi bernuansa merah putih yang menghiasi restoran McDonald’s Singkawang. 

McDonald’s Singkawang ini spesial karena dibuka bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Melihat tingginya antusiasme masyarakat menyambut hari kemerdekaan, diyakini kehadiran McDonald’s juga akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Singkawang.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/bis
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar