Pemkab dan Klinik Kitamura Kerja Sama Berikan Pelayanan untuk Masyarakat Kubu Raya

29 Desember 2022 19:31 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kitamura menjalin kesepakatan bersama terkait pelayanan kesehatan terhadap masyarakat kabupaten Kubu Raya khususnya pada penyakit diabetes. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Kepala Klinik PKU Muhammadiyah Kitamura Ajie Kurniawan di Ruang Winky, Hotel Harris, Pontianak, Kamis (29/12/2022).  

Bupati Muda Mahendrawan menyambut baik kesepakatan bersama antara Pemkab Kubu Raya Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kitamura, hal ini merupakan upaya memperkuat indikator dari usia harapan hidup.

“Ini upaya prepentif yang memberi dampak kepada peningkatan angka harapan hidup,” ujar Bupati Muda Mahendrawan saat menyampaikan sambutan.

Menurut Bupati Muda pelayanan kesehatan yang terputus dan terhambat pada penderita diabetes tentu akan berpotensi memperparah kondisi penderita, untuk itu Pemkab Kubu Raya berupaya untuk bisa fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat Kubu Raya melalui kerja sama ini.

Baca Juga: Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Kubu Raya Siapkan 6 Pos Pengamanan

“Apa yang sudah terbangun oleh Klinkik Utama Muhamadiyah Kitamura ini bisa dimaksimalkan. Saat ini sudah bukan lagi kita menunggu masyarakat mengeluh, mencari dan memohonkan sesuatu, tapi kitalah yang mengejar hak-hak dasar dan pelayanan itu,” kata Bupati Muda.

Lebih lanjut Bupati Muda mengatakan, mengingat kerja sama ini dilaksanakan di akhir tahun, maka ini menjadi bagian untuk merencanakan di tahun berikutnya, agar mempunyai rancangan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita sama-sama kepung bakul, agar semua bergerak, sehingga tidak ada pembiyaran dalam memberikan pelayanan,” kata Bupati Muda.

Berkaitan dengan sebaran penyakit menular dan penyakit berat di Kubu Raya, kata Bupati Muda, Pemkab Kubu Raya sudah berinovasi dengan sistem satu data, sehingga nantinya bisa diintegrasikan dengan system data Klinik Kitamura.

Baca Juga: Pemkab Kubu Raya Tingkatkan Kualitas Kesehatan Santri dengan Program Poskestren

“Nantinya bisa diklaster, mana yang mempunyai gula darah tinggi dan yang sangat tinggi, sehingga bisa dilakukan upaya penanganan. Atau ada yang ditemukan dan kita mendapatkan informasi dari Kitamura, kita bisa langsung salurkan haknya,” kata Bupati Muda.

Kepala Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kitamura Ajie Kurniawan mengatakan, kerja sama ini tentunya menjadi semangat baru bagi Klinik Kitamura untuk memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat Kubu Raya.

“Kerja sama ini merupakan kerja sama yang pertama kali antara pemerintah daerah dengan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kitamura. Prosesnya pun sangat cepat,” kata Ajie.

Ajie mengatakan, Klinik Kitamura ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat, namun tetap perlu menegemen yang baik, mempromosikan dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat melalui sinergitas dan kerja sama dengan semua pihak.  

“Untuk memberikan pelayanan yang prima perlu sinergitas, baik dari seluruh karyawan Klinik Kitamura, pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya, sehingga kami pun bisa meningkatkan pelayanan itu.

Aji Berharap ke depannya Klinik Kitamura dapat membuka cabang di Kubu Raya, sehingga bisa benar-benar memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Kubu Raya.

“Sejak dulu Muhammadiyah mempunyai cita-cita membangun rumah sakit, namun higga saat ini belum terkabul. Kitamura inilah cikal bakal dari rumah sakit itu. Mudah-mudahan bisa terwujud,” tutur Ajie.  

Baca Juga: Pelaku Pembuang Bayi di Semak Belukar Arang Limbung Kubu Raya Ditangkap   

Tags :

Leave a comment