Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna Subang, Salah Satu Program Strategis Nasional

27 Desember 2022 18:42 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sadawarna di Subang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022) pagi. Bendungan ini merupakan bendungan ke-33 yang dibangun pemerintah.

Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air. Bendungan ini mampu menampung 70,98 juta m3 untuk mensuplai irigasi seluas 4.284 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu.

"Pembangunan Waduk Sadawarna yang dimulai 2018, hari ini sudah selesai dan segera kita resmikan," jelas Jokowi dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, Bendungan Sadawarna menghabiskan anggaran Rp 2,065 triliun. Selain untuk Sumedang, bendungan ini juga bakal membantu pengairan sawah di kawasan Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah sehingga dapat membantu produksi beras.

Baca Juga: Libur Natal, 76.881 Wisatawan Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan

"Kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus (beras) nomor satu terbesar di Indonesia dan kita harapkan tidak turun, tapi naik seperti yang tadi Pak Gubernur sampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton untuk Kabupaten Indramayu," tuturnya

Dalam peresmian bendungan ini, Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Presiden pun menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Sumedang yang merelakan airnya untuk mengairi sawah di Indramayu.

"Tadi Pak Bupati menyampaikan ikhlas Pak, ikhlas Pak, dan waduk ini dengan luas genangan 680 hektare bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah yang ada di bawah," terangnya.

Baca Juga: 57 Warga Rohingya di Aceh Besar Dipindahkan ke UPTD Dinas Sosial Aceh

 

Tags :

Leave a comment