Operasi Lilin Kapuas Siap Amankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Singkawang

22 Desember 2022 18:36 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Polres Singkawang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas Tahun 2022 di halaman Mapolres, Kamis (22/12/2022).

Apel yang diikuti unsur Kepolisian, TNI dan Instansi terkait bertujuan untuk melihat kesiapan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kota Singkawang.

Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro sebagai pembina apel membacakan amanat Kapolri mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

“Dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mampu berjalan dengah kondusif,” katanya.

Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI dan Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin”.

Baca Juga: Pemkot Singkawang Serahkan 367 Sertifikat PTSL

“Operasi lilin dilaksanakan selama 11 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023,” ujarnya.

Ia mengatakan khusus pengamanan ibadah natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88. Kemudian pada pengamanan tempat wisata, akses jalan menuju objek wisata tidak macet dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalan keluar masuk.

“Untuk pengamanan pergantian tahun, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan. Ia meminta kepada seluruh personel agar senantiadsa memperkuat sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan tugas.

“Saya yakin, dengan sinergitas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat serta merayakan tahun baru dengan suka cita,” harapnya.

Baca Juga: Dilantik Wagub Ria Norsan, Sumastro Resmi Jadi Pj Wali Kota Singkawang

 

Tags :

Leave a comment