Anggota DPRD Kalbar Ingatkan ASN agar Tingkatkan Layanan Publik Tanpa Pandang Bulu

19 Desember 2022 18:29 WIB
Ilustrasi

 

Insidepontianak.com – Anggota DPRD Kalimantan Barat, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di K albar, terutama di Kota Pontianak harus bisa meningkatkan kualitas disiplin serta pelayanan kepada public.

Herri Mustamin mengungkapkan, semua ASN harus paham tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing serta mengedapankan kepentingan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi maupun golongan.

“Itu kan terkadang ada oknum yang melakukan hal itu. Tidak semua ASN seperti itu. Kalau tidak salah mereka itu kan ada Finger print kan di setiap kantor. Ketahuan jika mereka masuk lelet atau tidaknya. Tinggal tindakan dari kepala kantornya untuk menindak ke oknum tersebut yang sering terlambat datang,” katanya.

Baca Juga: Herri Mustamin Anggota DPRD Kalbar: Kecamatan Pontianak Timur Bisa Jadi Basis Wisata Budaya

Dengan demikian, Aparatur pemerintah harus meningkatkan kualitas pelayanan publik, karena hingga kini masih banyak keluhan atau komplain masyarakat atas pelayanan publik.

“Jika masyarakat merasakan pelayanan publik lelet dan terjadi pungli di suatu kantor pemerintah atau fasilitas publik jangan takut masyarakat untuk memberitahukan kepada kami selaku wakil rakyat. Biar kami menegur mereka karena tugas dewan itu salah satunya mengawasi kinerja pemerintah yang ada,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, jika peran masyarakat sangat penting dalam menjadi pengawas kepada ASN ini.

"Tidak hanya tugas pemerintah saja, masyarakat bisa terlibat dengan melapor jika melihat ASN maish berkeliaran di warung kopi atau pelayanannya tidak memuaskan," ucapnya.

Herri menuturkan, persoalan layanan masih ASN masih banyak menjqdi keluhan. Ini harus bisa diatasi karena ASN adalah ujung tombak pelayanan.

“Makanya penghargaan dan hukuman harus seiraman dan tidak jomplang. Pemimpin pun punya peranan besar dalam memberikan contoh dalam melayani masyarakat,” paparnya. ***

 

Tags :

Leave a comment