Hore! Argentina Sabet Gelar Juara Piala Dunia Qatar 2022, Prancis langsung Meleyot

19 Desember 2022 15:30 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Laga berjalan sengit, tampang pemain Argentina dan Prancis sempat tegang. Pertandingan Final Piala Dunia Qatar 2022 itu terjadi pada Minggu, 18 Desember 2022 WIB malam hari. 

Berlokasi di Lusail Stadium, laga Final Piala Dunia Qatar 2022 antara Prancis vs Argentina berjalan seru. Kedua pemain benar-benar saling jual serangan, tak lupa juga siasat antisipasi manuver lawan di tolak habis-habisan. 

Timnas Prancis memiliki catatan putih yang gemilang, sebelumnya dia menjuarai ajang yang sama pada 2018. Sayangnya pada Piala Dunia Qatar 2022, gelar itu harus berpindah ke pundah pemain Argentina di final terakhir. 

Melihat permainan Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia Qatar 2022, Prancis langsung tertunduk lesu meratapi nasib. Mereka pun harus merelakan trofi emas diambil oleh Tim Tango. 

Sempat terjadi skor imbang Argentina 3-3 Prancis selama babak pertama sampai ekstra time. Untuk mendapatkan juara Piala Dunia 2022 Qatar, penalti pun diadakan. Tim Tango keluar sebagai pememang. 

Jalannya pertandingan:

Babak pertama dimulai, Argentina tidak mau menyianyiakan waktu. Anak didik Lionel Scaloni langsung tancap gas menuju kubu lawan, Messi yang menjadi ancaman langsung mengobrak-abrik pertahanan Mbappe Cs. 

Sayangnya, tidak ada satu pun dari pemain Argentina yang mampu menyetak skor awal di saat itu. Prancis tidak mau hanya melototi Messi yang semakin ganas menyerang, mereka berusaha membalas. 

Keheningan skor sejak awal mula matchday dimulai, akhirnya dimeriahkan di menit ke-21. Argentina berhasil mengunggulkan posisi untuk sementara waktu. 

Baca Juga: Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022, Lengkapi Gelar Lionel Messi

Kronologisnya, Di Maria kedapatan dilanggar oleh Ousmane Dembele di dalam kotak kutukan. Melihat kesempatan terbuka lebar, Messi maju sebagai eksekutor. 

Sekejap bola melesat cepat, tendangan Messi mampu menjebol gawang Hugo Lloris. Gol! Seru penontong, skor bergeser ke Argentina 1-0 Prancis. 

Gol pertama mereka memompa pacu di dalam hati, Argentina semakin beringas melawan Prancis. Terjangan tersebut rupanya membuah tim berjuluk 'Les Bleus' semakin gemetar. 

Di menit ke-36, tim Tango berhasil melipat gandakan kedudukan. Umpan assist dari Alexis Mac Allister disambar oleh Di Maria. Sekejap bola menembus gawang Prancis, Gol! Argentina 2-0 Prancis. 

Melihat daya seranh anak buahnya tumpul, Didier Deschamps membuat keputusan mengejutkan. Pada menit 40, dia menarik keluar Olivier Giroud dan Dembele menggantikannya dengan Randal Kolo Muani dan Marcus Thuram.

Serangan terus berlanjut. Kedua tim kelihatan tidak mampu mencetak gol tambahan, hingga waktu mengantarkan turun untuk minum. Skor 2-0 diungguli oleh anak didik Lionel Scaloni. 

Babak Kedua

Melihat posisi Timnas ketinggalan skor, Prancis langsung ambil alih penguasaan bola di babak kedua. Walaupun demikian, anak didik Deschamps masih kesulitan menerobos pertahanan. 

Di lain pihak, Argentina semakin kendor dalam strategi penyerangang. Uniknya, tim Tango masih membuat pemain Les Bleus kerepotan. Tapi tidak ada penambahan skor saat itu. 

Kebuntuan babak ke dua mulai cair di menit ke-79, Prancis mendapat hadiah usai Kolo Muani dilanggar oleh Otamendi. Algojo bola dikotak penalti dilakukan oleh Mbappe, sejurus gol! Prancis 1-2 Argentina. 

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Prancis vs Argentina di Laga Final Piala Dunia 2022 Qatar

Mengimbangi kedudukan pada babak ke dua rupanya tidak dirasa sulit bagi Prancis. Tidak berselang waktu lama, Mbappe berhasil melesatkan gol kembali. Skor imbang Argentina 2-2 Prancis sama-sama kuat. 

Hingga waktu standard usai, tidak ada satupun diantara mereka yang mencetak gol. Final pun dilanjut dengan babak extratime. 

Eksra Time dan Penalti

Melihat kedua tim saling mengimbnagi, sang juara harus dipilih pada babak ekstra time (waktu tambahan). 

Di babak tersebut, taktik manuvee sama-sama dilipat gandakan. Tidak bereselang lama, Messi menambahkan skor untuk Argentina. La Pulga memanfaatkan rebound bola dan melesat ke gawang lawan. 

Gol pertama di babak tambahan, skor berganti Argentina 3-2 Prancis. Pemain Les Bleus kelihatan berkeringat dan khawatir, mereka intens serangan balasan. 

Akhirnya di menit ke-117 tim Deschamps mendapat hadiah penalti. Mbappe maju untuk mengambil ancang-ancang, dengan tenaga super bola tidak bisa di hadang. Gol untuk Prancis 3-3 Argentina. 

Melihat skor masih sama, mereka harus adu tendangan di babak penalti. Di sinilah Mbappe Cs harus mundur sebagai juara Piala Dunia, tendangan Kingsley dan  Aurelien gagal mencipta gol. Skor 4-2 dimenangi oleh Argentina.

Tags :

Leave a comment