Beri Kemudahan Periksa Kehamilan, Dinkes Kayong Utara Gelar Program USG Keliling Kampung

7 Desember 2022 18:26 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana atau Dinkes KB Kayong utara gelar pemeriksaan USG keliling ke rumah-rumah warga.

Pemeriksaan ini merupakan upaya mendekatkan pelayanan kepada ibu hamil. USG keliling dilakukan oleh petugas kesehatan dengan mendatangi ibu hamil di setiap dusun.

Baca Juga: Waduh, Pengunjung Temukan Banyak Lalat di Sop Sapi Depot Jogja Putussibau Selatan 

Program ini dinamai Mas Deres atau Mama Sehat Deteksi Resti dengan USG. Tertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para ibu hamil yang ingin melakukan pemeriksaan  kandungannya.

“Kegiatan ini untuk sementara berfokus di Dusun Seringgit Desa Matan Jaya,” kata Kepala Bidang Kesehatan Dinkes KB Kayong Utara, Efrizal Fariandi, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Antisipasi Teror Bom Seperti di Polsek Astana Anyar, Polres Bogor Perketat Pengamanan 33 Mapolsek

Menurutnya, porgram ini nantinya akan dilakukan secara bergilir di setiap Dusun yang letaknya jauh dari Puskesmas.

“Supaya setiap ibu hamil tetap dapat memeriksakan kehamilannya tanpa harus memikirkan kendaraan atau akses jalan yang rusak,” ucap Efrizal Fariandi, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Vivo Y22 dan Realme 10 Harga 2 Jutaan di Bulan Desember 2022, Cek Spesifikasi Jeroan Mereka di Sini!

Lebih lanjut Efrizal Fariandi menyampaikan, khusus di daerah Matan Jaya, karena listrik hanya menyala pada malam hari, maka petugas baru dapat melaksanakan pemeriksaan USG  pada malam hari.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada  malam hari menyesuaikan ketersediaan listrik, yang ada hanya pada malam hari,” tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Singkawang Gelar Pangan Murah di Lima Kecamatan, Berikut Tempat dan Waktu Pelaksanaannya

Selain pemeriksaan USG, petugas juga melayani pemeriksaan hepatitis, HIV dan sifilis dan pemeriksaan golongan darah bagi ibu hamil.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu mencegah atau menurunkan kematian ibu hamil atau ibu bersalin dan bayi yang mana sudah dapat dideteksi secara dini,” harapnya.

Baca Juga: Brazil Kokoh Usai Bantai Taeguk Warriors 4-1: Diprediksi Kuat Juara Piala Dunia 2022 Qatar?

Di sisi lain, program ini juga diharap menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peka terhadap kesehatan diri maupun cabang bayi di dalam kandungan. Sehingga segala penyakit dapat diketahui sejak dini, dan dapat ditangani dengan cepat.

“Program Mas Deres dilakukan oleh teman-teman Puskesmas Matan Jaya dalam hal melakukan inovasi-inovasi guna mencegah dan menurunkan angka kematian Ibu maupun Bayi di Kabupaten Kayong Utara umumnya,” ucapnya.***

Tags :

Leave a comment