Wujud Aksi Perubahan, 24 Peserta PKA Singkawang Gagas Inovasi

6 Desember 2022 21:47 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kota Singkawang melalui BKPSDM Kota Singkawang menggelar Launching bersama Aksi Perubahan Kinerja Organisasi oleh 24 Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kota Singkawang Angkatan VIII Tahun 2022 di Balairung Kantor Wali Kota, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar secara virtual.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang Sumastro menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada Plt Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar yang telah bersedia menghadiri secara virtual pada kegiatan launching aksi perubahan ini.

“Pada kesempatan ini, Saya ingin mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar atau yang mewakili karena telah bersedia untuk menghadiri secara virtual pada kegiatan launching aksi perubahan ini,” ucapnya.

Baca Juga: Sekda Singkawang Sebut Gerbang ‘Cap Go Meh’ Lambangkan Kemakmuran, Damai, Aman dan Harmonis

Sumastro mengatakan dengan meningkatnya tuntutan dan espektasi masyarakat melatarbelakangi peningkatan kinerja aparatur untuk mencapai standar mutu pelayanan publik yang tinggi. Sehingga ASN dituntut untuk dapat mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

“Aparatur dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung agar masyarakat tidak lagi merasakan kesenjangan dan ketimpangan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang diimplementasikan. Inilah yang melatarbelakangi untuk tercapainya standar mutu pelayanan yang tinggi.” katanya.

Ia menegaskan perlu adanya pendekatan digitalisasi dan penataan dalam birokrasi di semua lini instansi untuk menjawab kebutuhan masyarakat . Yang mana dapat dimulai dari perubahan-perubahan seperti perubahan sikap dan perilaku, budaya kerja serta inovasi yang dihasilkan.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta yang sebentar lagi akan menyelesaikan pelatihan mampu menjadi kekuatan baru, menambah semangat dan cara kerja dalam melayani masyarakat. Serta inovasi-inovasi yang dihasilkan dapat berkontribusi mendorong indeks inovasi daerah Kota Singkawang agar menjadi lebih baik pada penilaian berikutnya.

“Saya berharap, seluruh peserta yang sebentar lagi akan menyelesaikan pelatihan mampu menjadi kekuatan baru, menambah semangat dan cara kerja dalam melayani masyarakat. Dan pada aksi perubahan yang ditampilkan ini, semoga dapat mendorong indeks inovasi daerah Kota Singkawang pada penilaian berikutnya.” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar Hamzah mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Singkawang atas kepercayaan dan kerjasama yang telah terjalin dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi aparatur yang dalam hal ini Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kota Singkawang Angkatan VIII.

“Saya atas nama kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar beserta jajaran menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kota Singkawang atas kepercayaannya selama ini yang telah menjalin kerjasama dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi termasuk pelatihan kepemimpinan administrator angkatan ke 8 ini,” ujarnya.

Hamzah mengatakan semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik dan tidak hanya pengembangan kompetensi PKA tapi juga pengembangan seperti teknis fungsional, sosial kultural serta pengembangan kompetensi lainnya.

Hamzah juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta PKA Kota Singkawang atas launching inovasi yang merupakan salah satu tahapan dalam implementasi aksi perubahan kinerja organisasi. Ia juga meminta kepada semua instansi untuk dapat terus mendorong agar selalu mengadakan inovasi yang benar benar dapat memberikan dampak perubahan dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selamat atas launching inovasi hari ini sebagai salah satu tahapan dalam implementasi aksi perubahan kinerja organisasi Peserta PKA. Inovasi-inovasi ke 24 peserta ini sangat luarbiasa. Saya berharap semua instansi dapat terus mendorong untuk selalu mengadakan inovasi yang benar benar dapat memberikan dampak perubahan dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.” tuturnya.

Ia berharap, Inovasi yang telah diluncurkan diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, menunjang kinerja serta menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi setiap OPD. Yang pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan dalam mendukung terwujudnya visi misi Kota Singkawang Hebat.

“Semoga inovasi ini tidak hanya berhenti sampai di sini tetapi harus berkelanjutan. Sehingga dapat membantu pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, menunjang kinerja serta menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi OPD. Yang pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan dalam mendukung terwujudnya visi misi Kota Singkawang Hebat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Singkawang Zulhiar menyampaikan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini bertujuan untuk membentuk ASN yang memiliki kemampuan dalam manajerial, inovasi dan memperoleh keterampilan guna menjadi pemimpin yang baik, menjawab tantangan ditengah keberagaman kebutuhan masyarakat serta membawa perubahan bagi jalannya pemerintahan khususnya di Kota Singkawang.

“Melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang diikuti oleh 24 peserta ini mampu membentuk ASN yang memiliki kemampuan dalam manajerial, inovasi dan memperoleh keterampilan guna menjadi pemimpin yang baik, menjawab tantangan ditengah keberagaman kebutuhan masyarakat serta membawa perubahan bagi jalannya pemerintahan khususnya di Kota Singkawang.” sahutnya.

Zulhiar menambahkan inovasi yang telah digagas oleh 24 peserta ini diartikan sebagai wujud aksi perubahan dalam pelayanan publik kearah digitalisasi sehingga bisa lebih cepat, berkualitas, efektif dan mudah dijangkau masyarakat.

Ia berharap inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi pencetus semangat bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang untuk senantiasa menelurkan perubahan di segala bidang  dalam pelaksanaan tugas sebagai pelayan publik.

“Semoga inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi virus inovasi untuk semuanya agar dapat bersemangat untuk mengadakan perubahan dalam pelaksanaan tugasnya serta apa yang telah digagas ini betul-betul menjadi upaya peningkatan kinerja di OPD,” tutupnya.

Baca Juga: Memiliki Ciri Khas dan Nilai Budaya Tionghoa, Gerbang ‘Cap Go Meh’ Batas Singkawang-Bengkayang Diresmikan

 

Tags :

Leave a comment