Tingkatkan Indeks Ketahanan Ekonomi, Pemprov Dukung Pesta Retail Kapuas 2022 dan Toko Kelontong SRC di Kalbar

6 Desember 2022 21:18 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Salah satu dari rangkaian acara tersebut adalah Pesta Retail Kapuas yang berhasil menghadirkan lebih dari 6.000 toko kelontong dan UMKM setempat, serta didukung berbagai elemen masyarakat.

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Kapuas di Taman Sepeda UNTAN di Kota Pontianak, 3 Desember 2022.

Sampoerna Retail Community atau SRC menggelar pesta retail terbesar di 15 kota di Indonesia, salah satunya di Kota Pontianak, Kalbar. 

Ini dalam rangka untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Gunung Kerinci Alami Erupsi, Warga Dilarang Aktivitas pada Radius Bahaya

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

SRC secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui SRC tersebut.

Upaya ini terbukti memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Tercatat, kini ada lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.

Dengan demikian, mereka siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia.

Pesta Retail Kapuas dilakukan dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong SRC yang faktanya memberi dampak positif bagi masyarakat, khsusunya di Kota Pontianak, Klabar.

Pesta Retail Kapuas di Taman Sepeda UNTAN di Pontianak merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Menurut Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno, yang hadir mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat, pihaknya sepenuhnya mendukung kemajuan toko kelontong Indonesia.

“Kami mendukung kegiatan Pesta Retail Kapuas, karena kehadiran toko kelontong di SRC juga akan memberikan dampak terhadap peningkatan indeks ketahanan ekonomi pada desa-desa di Kalimantan Barat," kata Frans.

"Kami berharap seluruh paguyuban SRC juga dapat menjangkau sampai ke seluruh wilayah Kalimantan Barat, guna mendukung perekonomian dan penyediaan barang terutama bagi wilayah yang aksesnya masih sangat terbatas,” tambah Frans lagi.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Kasus Penyeludupan Sabu Cair dari Eropa, Polda Metro Tetapkan Satu Tersangka

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan.

“Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Kapuas akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi.

Jadi, Oleh selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya.

Dengan menghadirkan 300 toko kelontong SRC yang berlokasi di Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah, Pesta Retail Kapuas bertujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen.

Selain itu, ajang ini juga menjadi sarana hiburan rakyat bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan eksistensi toko kelontong makin nyata bagi semua kalangan masyarakat.

Selain memperkenalkan produk-produk andalan pelaku UMKM dan toko kelontong, acara ini juga menghadirkan hiburan rakyat dari masing-masing daerah dalam rangka memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia. Penyelenggaraan acara ini turut didukung oleh AQUA, BRI, KFC, dan GoodDay.

Tentang SRC

SRC adalah Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program pembinaan kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) yang merupakan bagian dari PT HM Sampoerna Tbk. dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing para pemilik Toko Kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan.

Toko yang tergabung dalam SRC menggambarkan Toko Kelontong Masa Kini dengan tampilan yang mudah dikenali, toko yang tertata lebih rapi, bersih, terang, dan memberi rasa nyaman bagi pelanggan nya dibandingkan toko kelontong pada umumnya.

Program SRC yang sudah dimulai sejak tahun 2008, SRC memiliki jaringan yang mencapai lebih dari 225.000 toko yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, berdasarkan data per November 2022. Persebaran toko kelontong anggota SRC adalah di 408 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.***

 


Penulis : admin
Editor :
Tags :

Leave a comment