Tiga Daftar Lengkap Perwakilan Timnas Asia yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar

3 Desember 2022 20:45 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pertandingan fase grup Piala Dunia 2022 Qatar telah selesai, kini seluruh timnas yang masuk babak 16 besar tengah bersiap diri. Menariknya diaantara mereka terdapat tiga negara perwakilan Asia.

Memang banyak prediksi yang sering menjagokan timnas benua Eropa ataupun Amerika. Sedangkan mata dunia sering menganggap tim yang berasal dari benua Asia pasti bertanding kikuk di Piala Dunia 2022 Qatar.

Ternyata hal terbukti salah, terdapat 3 timnas yang mewakili Asia akan menghadapi tim lawan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka memang pantas mendapatkan panggung kehormatan di ajang tersebut.

Baca Juga: Gempa Kembali Terjadi, Kali Ini di Garut dengan Kekuatan M 6,1, Satu Warga Luka Ringan

Selain ke tiga negara yang akan dibahas di bawah, perwakilan timnas Asia sering mengejukan penonton di Piala Dunia 2022 Qatar, meskipun banyak di antara mereka kemudian jatuh berguguran.

Sebagai pengenalan, sebut saja timnas Saudi Arabia. Tim yang berjuluk Green Falcon ini pernah membuat nyali pemain Argentina ciut, pasalnya mereka berhasil mengungguli dengan skor 2-1 sampai pertandingan selesai.

Kemudian ada juga Iran, pada laga perdana mereka dengan Inggris timnas tersebut kalah telak dari Three Lions. Tim melli benar-benar kewalahan di hajar oleh Harry Kane Cs.

Skor akhirpun berpihak kepada Inggris 6-2 Iran. Meski kalah, dipertandingan selanjutnya mereka berhasil membuat timnas Wales terpuruk melawan Tim Melli.

Skor akhirpun di kuasai oleh pasukan Carlo Quieroz dengan detail Iran 2-0 Wales. Kebangkitan Tim Melli juga mendapat apresiasi dari belahan dunia, banyak yang tidak menyangka akan kehebatan mereka.

Sayangnya di matchday akhir ketika melawan Amerika, Tim Melli harus tertunduk lesu. Amerika tak mau kalah saing dengan anak buah Quieroz dengan skor akhir 1-0. Oleh sebab itu Iran tak sampai lolos ke babak 16 besar.

Berbeda dengan pengalaman Iran dan Arab Saudi, tiga perwakilan Asia berikutnya berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Siapa sajakah mereka? Yuk kita bahas di bawah.

1. Jepang

Berada di Grup E timnas Jepang sempat waswas, banyak yang mengatakan bahwa tim berjuluk 'Samurai Blue' tersebut berada di grup neraka Piala Dunia 2022 Qatar.

Hal ini disebabkan karena Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika ikut tergabung di kandang Grup E. Meski harus rela berbagi lapangan dengan timnas besar tersebut, Jepang tidak mau percaya begitu saja dengan prediksi tanpa mencoba terlebih dahulu.

Pada Matchday pertama, Jepang langsung di sambut oleh jamuan pemain timnas Jerman. Hal ini menjadi kejutan dunia, ternyata Blue Warriors mampu mendepak tim Der Panzer dengan skor Jepang 2-1 Jerman.

Nasib mereka kemudian kembali menurun saat berhadapan dengan Kosta Rika. Blue Warriors harus tertunduk di pertandingan terdebut dengan kekalahan.

Berikutnya Spanyol siap membantai mereka, akan tetapi semangat pejuang yang dimiliki oleh prajurit Blue Warriors ternyata mampu menekuk tim Gavi Cs. Kemenangan pun dimiliki Jepang 2-1 Spanyol.

2. Korea Selatan

Timnas ke dua yang lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang berasal dari perwakilan Asia adalah Korea Selatan. Pada dua laga pertama tim asuhan Paulo Bento ini tampil tidak percaya diri.

Dibenarkan dengan hasil dari ke dua matchday perdana mereka hanya mengantongi 1 poin. Kelesuan sempat tampak dari rauh muka anak buah Paulo Bento.

Mereka mendapat hasil imbang ketika berhadapan dengan uruguay di matchday-1. Kemudian imbang ketika melawan timnas Ghana pada pertandingan ke dua mereka.

Baru kemudian keajaiban terjadi ketika melawan Portugal, tim yang berjuluk 'Taeguk Warriors' ini ternyata berhasil kalahkan La Seleccao. Bahkan pada laga tersebut Ronaldo tak berhasil mencetak gol ke gawang Korea Selatan.

Hasil akhir diungguli oleh Korea Selatan 2-1 Portugal. Dengan kehebatan dari pasukan Paulo Bento, kini Taeguk Warriors berhasil kantongin tiket 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

3. Australia

Terakhir databg dari Australia, meski di dalam geografi tata letak Negara ini tidak berada di benua Asia, mereka mengikuti babak penyeleksian Piala Dunia 2022 Qatar dari zona Asia.

Timnas Australia berhasil tampil memukau di atas lapangan hijau Piala Dunia 2022 Qatar. Di laga perdana, anak asuh dari Graham Arnold ini harus tuai kekalahan mutlak dari Les Blues.

Prancis berhasil menjebol habis-habisan timnas Socceroos dengan skor akhir Prancis 4-1 Australia. Kekalahan perdana mereka menjadi bekal di matchday ke-2 dan ke-3.

Baca Juga: Gempa Cianjur, DVI Polri Identifikasi Satu dari Tiga Jenazah Korban

Di pertandingan selanjutnya, Socceroos menang 1-0 melawan timnas Tunisia dan Denmark. Kemenangan gemilang ini mengantarkan Australia menduduki posisi ke-2 di Grup D Piala Dunia 2022 Qatar.

Anak buah Graham Arnold berhasil menyabet tiket 16 besar dari pereskilan Asia. Mereka akan mendampingin timnas Prancis dari Grup D.

Kini, mereka harus mempersiapkan diri menghadapi lawan tangguh di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Entah apakah nanti ketiga perwakilan Asia ini akan terus melaju ke babak semi final atau tidak, yang pasti mereka di harapkan tampil semaksimal mungkin. ***

Tags :

Leave a comment