Korea Selatan Ungguli Portugal di Laga Akhir Grup H Piala Dunia 2022 Qatar: Lolos 16 Besar Dampingi Seleccao

3 Desember 2022 08:25 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Perwakilan Asia di Piala Dunia 2022 Qatar kembali membuat timnas Eropa terperangah. Kali ini, Korea Selatan berhasil berhasil tuai pujian setelah taklukkan Portugal pada Jum'at (2/12/22) malam hari.

Laga tersebut merupakan pertandingan terakhir baik untuk Korea Selatan ataupun Portugal di Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Meski dalam penguasaan bola timnas Selecao unggul, timnas Taeguk Warriors tak putus asa berjuang.

Terlebih lagi ada momen pemain timnas Korea Selatan terlihat pucak usai Portugal cetak gol. Skor yang dibuat oleh pasukan putih tersebut tak jauh dari peluit wasit bertiup untuk pertama kali di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Lukman Sardi Sukses Perankan 'Sugar Daddy' Arif Dirgantara, Netizen: Om, Transferin Aku 500 Juta!

Sayangnya, performa timnas Portugal tak seindah yang supporter inginkan, bahkan bintang timnas yang mempunyai julukan lain 'Os Navigadores' itu tidak mampu menjebol gawang Korea Selatan.

Di pertengahan jalannya pertandingan, tampak Cristiano Ronaldo hanya membuat gertakan tak berarti. Korea Selatan tetap berdiri kokoh meski menerima serangan pemain Portugal.

Ketika babak pertama dimulai, tim Selccao langsung menancap gas dan mendominasi pertandingan. Terlebih mereka berhasil menjebol pertahanan Korea Selatan di menit-menit awal.

Diogo Dalot yang masuk menembus ke kotak penalti Korea selatan datang membawa bola. Dia mengumpan dari arah kanan, sikulit bundar langsung disergap oleh Ricardo Horta dan langsung menembakkan dengan keras.

Gol! Mereka berhasil pecundangi pemain Taeguk Warriors, skor pertama pun di kendalikan oleh Korea Selatan 0-1 Portugal.

Tidak terima dengan kekalahan yang terlalu dini, pemain timnas Korea Selatan bercepat-cepat ingin membalas tim Seleccao. Sayangnya di menit ke-15 Portugal berhasil menyerang balik.

Joao Cancelo berhasil lolos dari penjagaan anak asuh Paulo Bento, dia sesegera mungkin menendang bola dari sisi kiri. Sayangnya upaya gol yang ingin diciptakan tersebut digagalkan oleh Kim Seung Gyu.

Anak buah Paulo Bento tetap berupaya mencetak skor, hal ini baru terwujud di menit ke-26. Berawal dari tendangan sudut, Kim Young Gwon berhasil mencetak gol ke gawang Portugal.

Awalnya bola yang melambung itu ingin di halau oleh Cristiano Ronaldo, akan tetapi niat tersebut malah membuat keberuntungan buat Kim Young Gwon. Si kulit bundar mengarah ke posisinya dan tanpa basa-basi dia pun menerjangnya.

Gol untuk Taeguk Warriors, skor mereka memyamai timnas yang diasuh oleh Fernando Santis. Skor sementara Korea Selatan 1-1 Portugal.

Hingga akhir babak pertama, kedua timnas tak mampu membuat gol lagi. Peluit wasit pun mengantarkan mereka ke ruang ganti dengan skor imbang 1-1.

Babak ke dua di mulai, stabilitas jalannya permainan tetap sama. Portugal kedapat sering mengontrol bola, sedangkan Korea Selatan lebih memilih memakai taktik serangan balik.

Bedanya, di babak ke dua Fernando Santos menarik keluar beberapa pemain seperti Cristiano Ronaldo, Ruben Neves, dan Matheus Nunes serta menggantikannya dengan Andre Silva, Rafael Leao dan Joao Palhinha.

Hal itu dilakukan karena sang pelatih melihat gaya permainan anak buahnya tak berkembang. Barulah di menit ke-65 Fernando Santos merombak pemain Portugal.

Di pihak korea Selatan sempat juga mengalami rolling pemain, Paulo Bento memasukkan Hwang Hee Chan menggantikan Lee Jae Sung.

Berkat inisiatif tersebut perfroma pemain Taeguk Warriors kembali membara. Di menit ke-70 Son Heung Min berhasil menembbak keras ke arah gawang Portugal, tapi bola berhasil di blok oleh Joao Cancelo.

Usaha Son Heung Min rupanya berhasil di ujung akhir pertandinga. Dia mengirim umpan bola kepada Hwang Hee Chan, seketika striker Korea Selatan ini pun langsung beraksi.

Baca Juga: Wali Kota Edi Harap Expo IWAPI Dorong UMKM Naik Kelas

Bola yang mengarah ke gawang Diogo Costa tak bisa di halau, gol tak terhindarkan. Skor langsung berpihak kepada Korea Selatan 2-1 Portugal.

Walau babak dua hampir selesai, anak buah Fernando Santos masih ingin menyamakan kedudukan. Upaya mereka ternyata sia-sia karena sampai pertandingan selesai skor 2-1 masih diungguli oleh Korea Selatan.

Kini posisi Korea Selatan di Grup H menempati urutan ke 2 setalah posisi Portugal yang berada di puncak. Meski begitu timnas Taeguk Warriors lolos ke babak 16 besar mendampingin tim Seleccao di Piala Dunia 2022 Qatar. ***

Tags :

Leave a comment