Enam Persamaan Lionel Messi dan Maradona di Piala Dunia, Nomor Tujuh Tunggu Final!

2 Desember 2022 10:21 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Kapten Argentina, Lionel Messi, gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Polandia. Tidak perlu disesali, pasalnya apa yang menimpa Lionel Messi pada Piala Dunia Qatar 2022 juga pernah dialami Maradona di Piala Dunia Meksiko 1986.

Seperti dilansir Antara, dikutip pada Jumat (2/12/2022), meski gagal penalti, Lionel Messi dan kawan-kawan akhirnya lolos sebagai juara grup. Argentina pun akan bersua Australia di babak hidup mati.

Persis Lionel Messi, ketika gagal penalti, Maradona juga berhasil membawa Argentina lolos ke babak berikutnya pada Piala Dunia 1986 dan menjadi juara grup. Argentina kemudian bersua dengan Uruguay di babak 16 besar.

Baca Juga: Tes IQ: Mimin Tantang Kamu Temukan 7 Perbedaan dalam Tantangan dalam 5 Detik Ini! Mulai Waktu Kamu Tak Banyak

Terlepas apakah persaman itu akan berujung Argentina menjadi juara Piala Dunia lagi, seperti 1986, tentu masih misteri. Masih harus menanti partai final. Meski begitu, patut diperhatikan sekian kesamaan lain yang dimiliki Lionel Messi dan Maradona.

Sebut saja soal tinggi badan yang sama-sama tak sampai 170 centimeter, sama-sama pernah membela klub Barcelona, sama-sama pernah bikin gol pakai tangan, atau juga sama-sama pernah bikin gol setelah melewati lima pemian lawan.

Berikut daftar persamaan Maradona dan Lionel Messi, terutama bersama Timnas Argentina dan Piala Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Juara Dunia U-20

Maradona berhasil membawa Argentina U-20 jura dalam Piala Dunia U-20 FIFA 1979 di Jepang, Lionel Messi sukses bersama Argentina U-20 di ajang yang sama pada 2005 dengan Belanda sebagai tuan rumah.

2. Debut di Timnas Melawan Hungaria

Maradona pertama kali dipanggil Timnas Argentina di usia 16 tahun 3 bulan 28 hari. Saat itu, Maradona dipanggil pelatih Cesar Menotti saat La Albiceleste menang 5-1 atas Hungaria di laga uji coba pada 27 Februari 1977.

Lionel Messi menjalani laga perdana bareng Argentina di laga kontra Hungaria. Ia dipanggil pelatih Jose Pekerman pada 17 Agustus 2005, atau di usia 18 tahun 1 bulan 24 hari. Dalam laga yang dimenangkan Argentina 2-1 itu, Messi hanya turun satu menit.

3. Piala Dunia Pertama Langsung Bikin Gol

Maradona melakukan debutnya dalam pentas Piala Dunia pada 1982 di Spanyol. Pada laga kedua, yakni melawan Hungaria, Maradona berhasil mencetak gol. Dia memborong dua gol dari kemenangan 4-1.

Lionel Messi melakoni debutnya di Piala Dunia pada 2006 di Jerman. Persis Maradona, Lionel Messi juga berhasil membikin gol di laga kedua Argentina. Tim Tango mengalahkan Serbia dan Montenegro 6-0 dan Lionel Messi mencetak satu gol serta satu assist.

4. Delapan Gol di Piala Dunia

Hingga saat ini, sampai fase grup Piala Dunia Qatar 2022, Lionel Messi sudah mencetak 8 gol. Gol-gol itu tercipta dari lima kali keikutsertaannya di Piala Dunia. Jumlah gol ini sama dengan koleksi Maradona dari 4 kali keikutsertaanya di Piala Dunia. Meski begitu, Lionel Messi masih sangat mungkin menyalip karena masih bermain.

5. Gagal Penalti di Laga Ketiga Fase Grup

Maradona tidak menunaikan tugas dengan baik pada laga ketiga Piala Dunia 1986, melawan Bulgaria. Pada Piala Dunia 2022, Messi gagal mencetak gol dari titik 11 meter ketika Argentina melawan Polandia yang merupakan laga ketiga tim Tango di Qatar.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilihan akan Cincin Pernikahan Bisa Mengetahui Karakter Percintaan Kamu? Cek Di Sini Jawaban

6. Kalah 1-0 dari Jerman di Final

Pada Piala Dunia 1990 di Italia, Maradona dan Argentina kalah melawan Jerman Barat di partai final. Gol diciptakan oleh Andreas Brehme melalui tendangan penalti. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Lionel Messi juga kalah melawan Jerman di partai final dengan skor 1-0. Gol Jerman disumbangkan oleh Mario Gotze pada menit 113 atau saat perpanjangan waktu.

Dari sekian banyak persamaan tersebut, ada fakta yang menarik. Khususnya soal gagal penalti di laga ketiga dalam fase grup. Saat itu, Maradona yang gagal cetak gol via titik putih, sukses membawa Argentina juara Piala Dunia.

Nah, apakah Lionel Messi mampu membawa Argentina juara pada 2022 ini agar persamaan kedua legenda tersebut bisa menjadi tujuh? Patut ditunggu.** (Adelina Lubis)

Tags :

Leave a comment