Spotify Wrapped, Cara Trendi Mengetahui Selera Musik: Si Pengadopsi Awal atau Si Petualang?

2 Desember 2022 10:03 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Ramai warganet yang membagikan Spotify Wrapped di media sosialnya. Uniknya selain mengetahui jenis musik yang didengarkan sepanjang tahun, pengguna juga bisa mengetahui seperti apa selera musiknya.

Spotify Wrapped merupakan kompilasi tahunan trek yang paling banyak didengarkan pengguna di platform streaming musik. Dan dengan cara yang trendi pemgguna bisa membagikannya ke media sosial.

Dengan Spotify Wrapped, pengguna bisa mengunggah grafik yang menyenangkan secara estetika dan memamerkam selera musik mereka yang baik atau buruk di media sosial, dan jangan berharap untuk mengeditnya, karena pasti tidak akan bisa.

Baca Juga: Tes IQ: Mimin Tantang Kamu Temukan 7 Perbedaan dalam Tantangan dalam 5 Detik Ini! Mulai Waktu Kamu Tak Banyak

Spotify Wrapped juga memiliki fitur yang memberi tahu pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mendengarkan lagu tertentu.

Lalu bagaimana cara melihat dan membagikan Spotify Wrapped? Melansir dari inquirer.com, Jumat (2/12/2022), untuk melihat Spotify Wrapped, pengguna harus menggunakan layanan streaming musik versi seluler.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui Spotify Wrapped pribadi.

Buka Spotify di ponsel Anda. Permintaan untuk melihat Spotify Wrapped 2022 Anda akan terlihat dari halaman beranda aplikasi. Namun jika tidak melihatnya, kunjungi spotify.com/us/wrapped di browser seluler dan biarkan situs itu mengarahkan Anda.

Spotify Wrapped Story akan memandu Anda menelusuri genre, lagu, dan pola mendengarkan artis.

Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini, Spotify Wrapped juga memberi pengguna bacaan tentang "Kepribadian Mendengarkan". Hasilnya mencakup hal-hal seperti "Pengadopsi Awal" dan "Petualang". Setidaknya Spotify Wrapped menunjukkan 16 kepribadian yang menggambarkan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik.

Setiap slide dari Spotify Wrapped Story memiliki tombol "bagikan" di bagian bawah. Klik tombol itu untuk menyimpan setiap slide ke rol kamera Anda atau langkah untuk menggunggahnya di media sosial.

Dan di akhir cerita, akan ada kesempatan kedua untuk menyimpan dan mengubah skema warna ringkasan Artis Teratas Anda.

Terlepas itu, kritik terhadap Spotify meningkat selama musim Wrapped. Di Instagram, musisi dan label rekaman mengunggah versi parodi dari grafik Instafest dengan judul “Reality Check Fest”.

Pada baris selanjutnya mengkritik Spotify karena pembayarannya yang rendah kepada artis, namun para eksekutif Spotify memiliki gaji yang tinggi.

Menurut Insider, Spotify membayar artis (melalui pemegang hak mereka) antara 0,0033 hingga 0,0054 dolar per streaming tahun lalu, itu berarti dibutuhkan sekitar 250 streaming bagi seorang artis untuk mendapatkan 1 dolar.

Sementara pesaingnya, Apple Music membayar rata-rata satu sen per streaming pada tahun 2021, berdasarkan laporan Wall Street Journal. Sedangkan Digital Music News melaporkan bahwa rata-rata eksekutif Spotify memperoleh 1,34 juta dolar tahun lalu.

Baca Juga: Tes Asah Otak: Tunjukkan Potongan Mana yang Benar? IQ Kamu Ditantang Hari Ini!

"Untuk benar-benar mendukung artis favorit Anda, beli musik mereka dari situs web mereka atau di toko kaset," kritik Union of Musicians and Allied Worker dalam unggahannya.

"Anda akan membuat perbedaan besar," sambung kritikan itu. ***

Tags :

Leave a comment