Bank Kalbar Raih Penghargaan sebagai Bank dengan Kas Titipan Terbaik Nasional Wilayah 3T

1 Desember 2022 22:38 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat atau Bank Kalbar meraih penghargaan dari Bank Indonesia sebagai bank dengan Kas Titipan Terbaik secara Nasional Wilayah 3T (Terluar, Terdepan dan Terpencil) pada tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan saat kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022, yang digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Sekda Ketapang Alexander Wilyo Tinjau Perbaikan Jalan Pelang KM 17 yang Terndam Banjir

Adapun Kas Titipan Bank Kalbar yang meraih penghargaan adalah Kas Titipan untuk Kantor Cabang Singkawang.

Acara tersebut, yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Gubernur BI, Ketua OJK, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, dan beberapa pejabat negara lain.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Ikuti Rapat Panitia Pertimbangan Landreform, Bahas Reforma Agraria

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi  bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh Bank Indonesia ini.

Penghargaan ini membuktikan bahwa Bank Kalbar mampu mengelola kas titipan Bank Indonesia dengan baik sesuai yang diinginkan oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: Fraksi PAN DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Trobosan Peningkatan IPM

"Serta membuktikan Bank Kalbar mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk bank-bank yang berada di wilayah 3T tersebut,” ujar Rokidi.

Kas titipan sendiri merupakan kegiatan penyediaan fisik uang rupiah milik Bank Indonesia kepada salah satu bank pengelola untuk membantu kebutuhan daerah yang tidak terjangkau oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Baca Juga: Fraksi PAN DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Trobosan Gali Potensi PAD

"Manfaat kas titipan antara lain perbankan memiliki ketersediaan uang layak edar, terpenuhi kebutuhan masyarakat akan uang layak edar, dan pengelolaan kas yang efesien, aman dan optimalisasi kas di perbankan, dan meningkatkan perekonomian daerah," tuturnya.

Menurut Rokidi, Kalbar merupakan provinsi yang sangat luas dibandingkan dengan provinsi lain yang ada di Indonesia, serta berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Baca Juga: Fraksi PDI Perujuanan DPRD Kalbar Harap Pemprov Lakukan Pengadaan Barang di Awal Tahun

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengelola dan mengedarkan rupiah kepada masyarakat melalui perbankan yang ada di wilayah 3T tersebut dengan baik dan benar.

Meskipun hal ini tidaklah mudah, namun Bank Kalbar senantiasa berupaya menghadirkan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan baik.

"Mudah-mudahan, pelayanan kami bisa semakin luas menjangkau daerah-daerah perbatasan, terluar, terdepan dan terpencil," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment