Keuangan Terjaga Setelah Menikah, Berikut 5 Hal Penting yang Menjadi Kuncinya

1 Desember 2022 19:16 WIB
Ilustrasi

insidepontianak.com - Semua orang pasti ingin merasakan kedamaian pada kehidupan yang mereka setelah menikah. Namun Ada banyak hal yang harus kita bahas bersama pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

Keterbukaan menjadikan Salah salah satu yang terpenting dalam sebuah pernikahan, Maka dari itu kamu untuk membahas berbagai hal sebelum memutuskan menikah di usia muda.

Saling terbuka atau saling berbagi dalam berbagai hal menjadi sebuah kunci bagi tiap pasangan sebelum menikah agar hubungan yang dijalani ke depan bisa lebih tenang dan berjalan lancar.

Berikut berbagai hal yang sebaiknya kamu bicarakan dengan pasangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah atau ke jenjang yang lebih serius termasuk soal finansial.

Baca Juga: DOWNLOAD dan NONTON Revenge of Others Episode 8: Temukan Titik Terang Pembunuh Park Won Seok?

Meski sensitif untuk dibicarakan, namun Saling terbuka soal keuangan pribadi dengan pasangan. Pasalnya persoalan finansial cukup sering menjadi penyebab pertikaian dalam rumah tangga.

Lalu Apa kira-kira topik soal keuangan yang harus dibahas sama pasangan sebelum memutuskan untuk menikah?

Dilansir insidepontianak.com dari laman Siap finansial, berikut beberapa poin penting yang harus dibahas bersama pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

1. Utang Piutang

Utang maupun piutang sebaiknya dibahas secara terbuka sama pasangan sebelum menikah karena keduanya dapat mempengaruhi cash flow bulanan.

Dengan mengetahui jumlah utang yang dimiliki, nantinya akan membantu kita mengatur keuangan dengan bijak. Sehingga kebutuhan bulanan tetap terpenuhi, dan cicilan utang bisa cepat lunas.

Jika tidak memiliki kesepakatan pisah harta (perjanjian pranikah), jangan sampai utang piutang ini menjadi tanggungan yang malah memberatkan kalian berdua saat menikah nanti.

2. Gaji

Tidak sedikit orang ragu menanyakan gaji pasangan karena takut dianggap matre. Padahal, gaji menjadi salah satu topik keuangan yang perlu dibicarakan bersama loh.

Saling terbuka dan memberi tahu gaji per bulan adalah hal wajar. Apalagi kalau kita dan pasangan sudah benar-benar serius membawa hubungan ke jenjang pernikahan.

Bukan untuk membanding-bandingkan. Saling jujur dan terbuka tentang gaji bersama pasangan berfungsi untuk mencegah munculnya perasaan curiga, dan meminimalkan risiko masalah keuangan keluarga.

3. Tanggungan Keuangan

Sebelum menikah, mungkin salah satu dari kalian masih punya tanggungan membiayai adik, orang tua, atau anggota keluarga yang lain. Nah, pastikan pasanganmu mengetahui hal ini ya.

Ini artinya, ada pos yang harus disiapkan setiap bulan. Pasalnya, tidak transparan mengenai topik ini dapat memicu percikan konflik dengan keluarga.

4. Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan juga penting untuk dibahas demi memaksimalkan masa depan keluarga. Karena dari sini kamu bisa menyamakan persepsi tentang tujuan-tujuan yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya.

Tujuan ada berbagai macam, mulai dari tujuan jangka pendek, menengah, hingga panjang misalnya soal cicilan rumah, mobil, biaya pendidikan anak-anak dan lainnya.

5. Persoalan Tanggung jawab

Setelah mengetahui soal finansial masing-masing, setiap pasangan yang akan menikah sebaiknya menentukan pembagian tanggung jawab.

Jika nantinya kamu dan pasangan masing-masing memiliki pekerjaan, kalian bisa mencoba beberapa alternatif pengelolaan finansial untuk menjaga stabilitas keuangan keluarga.

Contohnya, penghasilan suami dan istri digabung dalam satu rekening, lalu dikelola bersama atau pengeluaran dibagi berdasarkan besarnya penghasilan masing-masing.

Demikianlah beberapa hal penting terkait keuangan yang perlu dibahas dengan pasangan selain membicarakan soal persiapan pernikahan. Semoga bermanfaat ya!*

Baca Juga: Tes IQ: Cari Dimana Keberadaan Ibu Peri Di Antara Para Tamu yang Tidak Mungkin Memecahkan Teka-teki Visual?

Tags :

Leave a comment