Inggris Jadi Lawan Berat Wales untuk lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar

30 November 2022 07:49 WIB
Ilustrasi



Insidepontianak.com - Timnas Wales kemungkinan besar gagal mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar sebab lawan terakhirnya dalam Grup B adalah Inggris.

Sementara itu Inggris yang dipastikan lolos ke babak 16 besar hanya membutuhkan hasil seri dalam laga saat menghadapi Wales pada Grup B Piala dunia 2022 Qatar yang disebut sebagai Battle of Britain.

Timnas Wales berada pada urutan buncit dalam Grup B Piala Dunia 2022 Qatar dengan satu poin atau tiga poin di bawah Inggris, hingga sangat kecil kemungkinan untuk lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Xiaomi 12T 5G yang Dinantikan Oleh Para Fans Biar Tidak Gagal Paham

Posisi Wales terancam gugur di Grup B Piala Dunia 2022 Qatar dan dipastikan sangat sulit untuk lolos ke babak 16 besar, karena masing-masing berselisih satu serta dua poin di bawah Iran dan Amerika Serikat.

Jika Inggris mengambil satu poin dari pertandingan mereka melawan Wales dan memenangkan Iran atau Amerika pada saat yang sama, Wales secara otomatis akan pulang lebih dulu dari Qatar.

Wales telah menunggu enam puluh empat tahun untuk kembali ke final Piala Dunia, tetapi setelah dua gol melawan Iran pekan lalu, sepertinya mereka akan melewatkan pertandingan di Qatar.

Kekalahan terakhir membuat Wales berada di dasar Grup B dan memaksa mereka untuk mengalahkan Inggris, yang hanya kalah 14 kali dari 104 pertandingan mereka sejak 1879.

Bahkan kemenangan mungkin tidak cukup untuk menyelamatkan Wales karena mereka masih membutuhkan hasil imbang di Iran melawan AS.

Wales tidak membutuhkan semua skenario ini untuk maju ke Babak 16 besar jika mereka menang dengan 4 gol, sesuatu yang hampir tidak mungkin dicapai melawan lawan kuat seperti Inggris.

Karena semua skenario tampak terlalu sulit, Wales hanya ingin fokus pada bagaimana memenangkan pertandingan terakhir untuk lawan yang mereka hadapi daripada apakah mereka akan menyerah atau tidak.

Masalahnya adalah kami belum pernah mengalahkan Inggris sejak 1984. Jika itu tujuan mereka, harap Wales melakukan yang terbaik karena Gareth Bale mencetak gol penyeimbang melawan Amerika Serikat tetapi tidak dapat berbuat apa-apa melawan Iran.

Mantan pemain Real Madrid dan Tottenham Hotspur berusia 33 tahun itu bisa memainkan pertandingan Piala Dunia terakhir dalam karirnya. Inggris berada dalam posisi yang jauh lebih nyaman memimpin grup ini.

Mereka menang 6-2 melawan Iran, tapi kemudian bermain imbang 0-0 dengan tim muda dari Amerika.

Manajer Gareth Southgate bisa kembali ke starting line-up yang sama seperti yang dilakukannya di dua pertandingan sebelumnya.

Namun ada baiknya dia mencoba formasi baru, terutama setelah bermain imbang 0-0 melawan Amerika.

Jika Southgate mengambil langkah, penyerang Jack Grealish dan Callum Wilson adalah pemain yang pantas dimainkan di menit pertama.

Inggris hanya akan tersingkir dari turnamen jika kalah empat gol, dan itu akan sangat sulit bagi Wales.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Southgate membuat formula baru mengingat risikonya juga sangat kecil.

Menyimpan tenaga striker Harry Kane untuk laga babak 16 besar juga menjadi pertimbangan di balik rekomposisi skuad itu.

Baca Juga: Karim Benzema Dipastikan Absen Mendukung Prancis di Seluruh Laga Piala Dunia 2022 Qatar

Peraih Sepatu Emas Piala Dunia 2018 yang belum mencetak gol dalam Piala Dunia 2022 ini perlu waktu lagi untuk memulihkan diri setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat melawan Iran.

"Mungkin sudah waktunya mengistirahatkan dia (Kane) demi fase gugur nanti, dan firasat saya merasa Callum Wilson mungkin akan masuk menghadapi Wales," kata mantan bintang timnas Inggris Alan Shearer seperti dikutip Antara via Reuters.

"Lagipula Inggris perlu menyegarkan diri agar mendapatkan kembali faktor perasaan baik setelah hasil seri yang mengecewakan melawan AS, dan guna memulihkan sedikit kepercayaan diri," sambung Shearer.

Inggris dan Wales telah bertemu 103 kali sejak 1879. Inggris menang 68 kali, sedangkan Wales menang 14 kali.

Mereka terakhir bertemu dalam pertandingan persahabatan pada Oktober 2020, yang dimenangkan Inggris 3-0.

Inggris juga telah mengalahkan Wales dalam enam pertemuan terakhir mereka. Inggris juga menjaga clean sheet dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Gareth Bale adalah satu-satunya pemain Wales yang mencetak gol melawan Inggris di abad ke-21, saat Wales kalah 2-1 pada 2016.

Inggris cukup imbang untuk mencapai babak sistem gugur, sementara Wales harus mengalahkan Inggris dengan harapan pertandingan AS melawan Iran berakhir imbang.

Jika Amerika Serikat atau Iran menang, Wales harus mengalahkan Inggris dengan setidaknya empat gol.***

Tags :

Leave a comment