Yann Sommer, Hero Timnas Swiss Ketika Melawan Kamerun di Piala Dunia 2022 Qatar

25 November 2022 13:44 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pertandingan seru antara timnas Swiss melawan Kamerun berlangsung sangat meriah yang terjadi pada kemarin Kamis, 24 November 2022 di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kedua timnas benar-benar dapat memuaskan penonton saat menyaksikan mereka bertarung, baik di acara tv ataupun secara langsung dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Hasil pertandingan mereka pada Piala Dunia 2022 Qatar berhasil mengeluarkan timnas Swiss sebagai juara dari Kamerun, skor tetap tercatat 1-0 hingga akhir laga selesai sampai membuat anak asuhan Rigobert Song tersebut tampak lesu.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar, Portugal Berhasil Tekuk Ghana 3-2 di Stadium 974

Selisih skor Swiss dari timnas Kamerun memang tidak berjarak jauh, anak asuh 'Murat Yakin' tersebut hanya berhasil mencetak satu kali ke gawang musuh. Sedangkan dari timnas di bawah asuhan Rigobert Song berhasil menyudutkan Swiss selama pertandingan.

Perwakilan timnas Eropa tersebut berhasil membobol gawang Kamerun lewat tendangan yang diluncurkan oleh Breel Embolo. Gol yang dicetak olenya dapat mengungguli tim asuhan Rigobert Song.

Akibat jeblosnya gol dari Swiss, timnas Kamerun mencoba sangat intens untuk mencetak skor. Beberapa tembakan mematikan pun berhasil dibuat, sayangnya serangan masif tersebut masih tetap membuat tim yang berjuluk 'Nite' berdiri kokoh.

Gempuran yang bertubi-tubi dari timnas yang berjulukan 'Les Lions Indomitable' benar-benar hampir membuat kewalahan Swiss. Tercatat selama pertandingan yang berlangsung 90 menit itu, Kamerun berhasil menembakkan bola ke gawang Yann Sommer sebanyak delapan kali.

Beruntungnya kiper yang dimiliki Swiss dikenal sangat lincah dalam menangkap bola ketika menuju ke garisnya. Dari total delapan kali sepakan bola, lima diantaranya berhasil mengarah tepat ke posisi Yann Sommer.

Keberuntungan tidak lari kemana-mana, semua percobaan gol tersebut berhasil di tangkis oleh sang penjaga gawang sampai peluit terakhir berbunyi.

Aksi heroik yang dilakukan oleh Yann Sommer benar-benar harus dikagumi, dia pun dinobatkan sebagai 'Man of The Match' pada laga pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. Akibat keterampilan yang dikuasainya di atas lapangan, keperawanan gawang Swiss masih terjaga suci.

Yann Sommer sendiri sudah mempunyai segudang pengalaman dalam menjaga gawang. Selain dipercaya sebagai kiper timnas Swiss pada Piala Dunia 2022 Qatar, kini dia juga masih aktif ditunjuk di sektor pertahanan terakhir untuk klub Borussia Moenchengladbach.

Tercatat semenjak tahun 2014 silam sampai sekarang, Moenchengladbach masih setia menyewa jasanya agar bermain sebagai kiper. Dalam delapan musim, dia terus dipercayai untuk mendukung klubnya.

Tak hanya itu saja, selama laga Die Fohlen berlangsung dari tahun 2021 sampai 2022, Sommer terus diterjunkan agar menyongsong klub yang diwakilinya. Ia berhasil mencatat tujuh kali clean sheet dalam 36 laga yang berhasil dia ikuti.

Dia pun kini juga sudah mendapatkan 74 caps, sehingga Murat Yakin tidak perlu ragu-ragu memanggilnya ketika Swiss berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Sebelum timnas Nite resmi bertanding pada pesta bola akbar, terdapat rumor siapakah yang akan menjadi kiper di benak Murat.

Hal ini disebabkan karena Swiss juga mempunyai sosok kiper lain yang bisa dijadikan andalan ketika bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar. Selain Yann Sommer, terdapat juga Gregor Kobel yang siap membela tim Nite.

Pasalnya kedua pemain tersebut benar-benar mampu membuat Murat ditimpa dilema, Kobel sendiri memiliki catatan baik berupa penyelamatan gawang Borussia Dortmund sebanyak 1,9 per laga di Bundesliga.

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Inggris vs Amerika Serikat Piala Dunia 2022 di Qatar

Terlebih lagi usia Kobel masih relatif muda (24 tahun), ketimbang Sommer yang kini sudah menginjak kepala tiga. Namun dilema yang dirasakan oleh Murat sudah terbukti jelas, walaupun Yann Sommer lebih tua akan tetapi pengalamannya jauh lebih mendalam.

Bukti utama dari keyakinan Murat tersebut dibayar tuntas ketika Yann Sommer benar-benar mampu menyelamatkan gawang Swiss dari amukan Kamerun pada pertandingan Kamis kemarin (24/11) di Piala Dunia 2022 Qatar. ***

Tags :

Leave a comment