Meraba Inggris vs Iran di Piala Dunia Qatar 2022, Prediksi: Iran Akan Sempoyongan di Babak Pembukaan

21 November 2022 05:22 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Setelah usainya pertandingan antara Qatar melawan Ekuador Minggu kemarin (20/11/2022), kini Piala Dunia Qatar 2022 akan menampilkan partai pembukaan antara Inggris vs Iran.

Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 mengenai pertarungan sengit Inggris vs Iran untuk merebut tiket knockout, segera belangsung pada Senin, 21 November 2022.

Diantara kedua timnas negara tersebut, tampaknya Inggris vs Iran akan saling sikut menyikut. Beruntungnya hal itu hanya terjadi pada Piala Dunia Qatar 2022. Kesiapan kedua timnas diprediksi telah matang.

Baca Juga: Nonton Bareng Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Warkop Carita Sinjai Pasang Layar Lebar

Dalam sejarah pertemuan timnas Iran yang akan melawan Inggris tidak pernah terjadi sebelumnya, hal ini merupakan pertandingan perdana mereka untuk pertema kali.

Sedangkan Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi saksi bisu mereka dan merekam siapakah yang lebih unggul dalam duel Inggris vs Iran.

Bila mereka di-unboxing di atas kertas, nilai yang akan diperoleh oleh Inggris bisa dikatakan berada diatas Iran.

Akan tetapi pihak Iran tidak bisa diremehkan begitu saja, tanpa menelisik lebih dalam terkait pemain, pelatih, atau pengalamannya.

Penampilan yang ke enam bagi Iran pada Piala Dunia Qatar 2022 sudah tentu mememiliki pengalaman diatas lapangan Internasional.

Di tahun 2018 saja, Iran merupakan hambatan besar bagi kedua timnas Eropa, Spanyol dan Portugal.

Dalam laga uji coba terakhir, Iran dapat mennjomplangkan Uruguay dengan hasil 1-0, si penembus bola ke gawang lawan adalah Mahde Taremi. Kemudian mendapatkan keimbangan 1-1 ketika melawan Senegal lewat tendangan Sardar Azmoun.

Pertandingan kemenangan terkahir membuahkan hasil 1-0 melalui Mehdi Torabi yang memberikan keunggulan atas timnas Iran dari Nicaragua.

Bagi timnas Inggris sendiri, pertandingan sekelas Piala Dunia bukan perta kalinya dirasakan. Pada tahun 2018,ketika FIFA menggelar acara yang sama di Rusia, Inggris berhasil masuk ke babak semifinal walaupun kemudian gugur.

Begitupula di ajang Piala EURO 2020, tim asuhan Southgate mampu merengsek ke babak final. Namun, karena api semangat pemain Italia lebih berkobar dari pada 'The Three Lions' Inggris kemudian gugur.

Timnas Iran memiliki Sardar Azmoun yang akan ikut menyongsong timnas tanah kelahirannya saat bertarung melawan Inggris nanti. Pria yang dijuluki 'Messi Iran' tersebut sudah pernah mencetak 6 gol di Liga Champions yang diikutinya Selama 21 kali.

Berbeda dengan pengalaman sang bintang di 'The Three Lions', Harry kane mampu membuat penilaian para peramal Piala Dunia 2018 salah. Di masa itu, timnas Inggris sudah diprediksikan tidak akan mampu masuk ke babak semi final.

Dengan dorongan penuh dari Harry Kane, mereka berhasil keluar dengan pencapaian cukup memuaskan, yaitu berada di posisi ke empat. Pria yang berusia 29 tahun tersebut dipastikan akan menjadi anak panah Inggris untuk menembus jantung Iran di Piala Dunia Qatar 2022.

Bila berbicara siapa arsitek yang akan memoles timnas Iran? Pastinya sorotan publik akan beralih langsung kepada Carlos Quieroz. Pria berkebangsaan Portugis ini sudah sangat kenal mengenai seluk beluk timnas Iran dari tahun 2011-2019.

Sebelumnya dia sendiri merupakan asisten pelatih Manchester United dan Mantan pelatih Portugal, ketika Federasi Sepak Bola Iran memberhentikan Dragan Skocik, Quieroz tampil sebagai penggantinya.

Kematangan Iran di tangannya sudah bisa dikatakan siap meladeni permainan timnas Inggris. Selama dia bergabung dengan Sardar Azmoun Cs, pria asal Portugal tersebut telah menorehkan prestasi 60 kemenangan dari 100 pertandinganpertandingan bagi si Kuda Hitam dari Asia.

Tak kalah saing dengan Quieroz, Gareth Southgate juga telah melengkapi anak buahnya dengan segudang pengalaman. Kepiawan nahkoda Southgate ketika mengepakkan layar The Three Lions bahkan mendapatkan pujian dari mantan pemain Inggris, Young.

"Semenjak ia menjabat (manajer timnas Inggris), ia menghadirkan perbedaan dalam tim ini," ungkap Young kepada The Sun.

Walaupun menerima kritikan pedas dari para fans timnas Inggris, akibat kekalahan mereka saat pertandingan UEFA Nations League, Southgate di mata Young masih bisa membawa The Three Lions menang di Piala Dunia Qatar 2022.

"Saya yakin bahwa Inggris bisa menjadi juara di Piala Dunia 2022 ini berkaca dengan bagaimana performa mereka di Euro 2020 kemarin," sambung Young.

Baca Juga: Inovasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Menteri Luar Negeri: Qatar 2022 untuk Semua

Prediksi Formasi Pemain

Timnas Inggris akan memakai susunan 3-4-3, dengan rincian: Jordan Pickford / Harry Maguire, Eric Dier, John Stones / Luke Shaw, Declan Rice, Jude Bellingham, Kieran Trippier / Phil Foden, Harry Kane, Bukayo Saka.

Sedangkan Iran akan menggunakan taktik 4-5-1, dengan rincian: Alireza Beiranvand / Ehsan Hajsafi, Shojae Khalilzadeh, Hossein Kanaanizadegan, Sadegh Moharrami / Mehdi Taremi, Vahid Amiri, Saeid Ezatolahi, Ahmad Nourollahi, Alireza Jahanbakhsh; Sardar Azmoun.

Melansie dari The Opta Analyst, walaupun mereka belum pernah bertemu sebelumnya, prediksi permainan yang akan terjadi diantara keduanya adalah kesempatan 72,2 persen bagi tim asuhan Southgate untuk membuka kemenangannya.

Sayangnya, bagi Iran probabilitas untuk mendapatkan kesempatan menjemput kemenangan hanya sebesar 9,7 persen.

Sedangkan prediksi Inggris vs Iran untuk permainan akan berakhir imbang di antara kedua tim berada di angka 18,1 persen.

Terkait skor yang akan dihasilkan setelah pertandingan diprediksi dengan Inggris 1-0 Iran. ***

Tags :

Leave a comment