Skala Survei Indonesia: Pilpres 2 Ronde Jika Capres 3 Nama, Simulasi 3 Nama Ketiga

18 November 2022 18:33 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Survei dari Skala Survei Indonesia (SSI), 6-12 November 2022, Pilpres 2 ronde jika capres ada 3 nama, simulasi ketiga dari tiga nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, dalam keterangan tertulis yang diterima Insidepontianak.com, Jumat (18/11/2022), terkait survei SSI mengenai Pilpres 2024 dan Pemilu 2024.

Dalam simulasi ketiga jika nantinya yang akan maju adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies R. Baswedan, sementara Puan Maharani diasumsikan tidak ikut berkontestasi.

Baca Juga: Bareskrim Polri Sita 5 Aset di Kasus Pencucian Uang Fikasa Group

"Bagaimana situasinya jika nantinya yang akan maju hanya akan menghadirkan 3 nama capres?" kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Seandainya Pilpres dilakukan hari ini, dan ada 3 nama capres yang akan maju, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, maka capres yang akan dipilih adalah Ganjar Pranowo sebanyak 29,7%, Prabowo Subianto 24,8%, dan Anies Baswedan 23,5%. Sementara yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan 22.0%.

Sekali lagi, jika yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan yang sebesar 22.0% ditambahkan secara proporsional ke masing-masing kandidat, belum ada satu nama capres pun yang bisa mengumpulkan suara 50% +1.

"Itu artinya pilpres harus dilanjutkan ke babak kedua dan yang akan maju adalah Prabowo Subianto melawan Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Baca Juga: Viral, Wanita Terobos Iringan Jokowi di Bali, Ternyata Ingin Bersalaman dengan Presiden  

Di ronde kedua, jika capres yang masuk adalah Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo, maka Prabowo Subianto memiliki potensi lebih besar untuk mengalahkan Ganjar Pranowo dengan tingkat eleksi 35,3% untuk Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo 33,8%. Memang yang masih belum memutuskan sebanyak 33,8%.

"Namun jika angka ini didistribusikan secara proporsional kepada keduanya, yang bisa mengumpulkan suara lebih dari 50% adalah Prabowo Subianto. Itu artinya, Prabowo Subianto akan menang di ronde kedua," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.***


Penulis : admin
Editor :
Tags :

Leave a comment