Kadis Kominfo Sanggau Kesal Program STB Gratis Tak Ada Kabar

17 November 2022 09:13 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Sanggau, Joni Irwanto menyesalkan program bantuan Set Top Box atau STB gratis yang diwacanakan sampai sekarang tak ada kabar.

Padahal, program STB gratis dicanangkan dibagikan ke masyarakat kurang mampu supaya bisa mendukung percepatan migrasi siaran TV analog ke TV digital.

Tapi, sampai sekarang program STB gratis di Kabupaten Sanggau belum terealisasi satupun.

Baca Juga: Ramalan Cuaca BMKG: Hujan Ringan hingga Lebat Diprakirakan di Kota Besar

"Jadi kami takut juga nyampaikan informasi yang memang belum kami terima secara resmi," kata Joni Irwanto, Rabu (14/11/2022).

Joni menyebut, program STB gratis digaungkan pemerintah pusat seiring dengan peralihan Siran TV analog ke TV digital.

Beberapa wilayah di Indonesia bahkan saat ini sudah menghentikan siaran TV analog. Sementara di Kalbar, akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Profil dan Peta Kekuatan Grup F Piala Dunia 2022

Program STB gratis menjadi harapan masyarakat kurang mampu supaya bisa tetap menikmati siaran TV pasca-pemberlakukan siaran TV digital. Namun sayang, program ini belum diterapkan maksimal. Khususnya di Kabupaten Sanggau.

"Belum ada sama sekali surat pemberitahuan yang kami terima terkait program STB gratis ini. Mestinya, berdasarkan informasi, terhitung 2 November 2022 program STB gratis ini sudah berjalan," ujarnya.

Menurut Joni, program STB gratis diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu. Basis data penerima program ini berada di Dinsos.

Baca Juga: Tes Logika: Temukan 2 Perbedaan dalam 5 Detik dan Pecahkan dengan Logis dan Masuk Akal Di Sini

Sedangkan lembaga yang ditunjuk untuk penyalurnya yaitu PT Pos dan Giro Indonesia.

Di Kalbar, baru empat kabupaten/kota yang sudah menyalurkan STB gratis. Yaitu, Kota Pontianak, Kubu Raya, Sintang dan Mempawah.

"Itupun katanya, tapi saya belum tahu ya apakah mereka sudah menerima surat pemberitahuannya atau tidak, mungkin juga sudah," ungkap Joni.

Sementara Kabupaten Sanggau, Joni mematikan sampai saat ini belum menerima surat pemberitahuan terkait dengan adanya program pembagian STB gratis ini.***

Tags :

Leave a comment