Bupati Sambas Satono Serahkan Bantuan 176 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

16 November 2022 21:14 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono didampingi SekdaFerry Madagaskar menyerahkan 176 unit alat mesin pertanian atau Alsintan kepada kelompok tani.

Alsintan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sambas Satono, di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Staf Ahli Kementerian BUMN Apresiasi Upaya PLN Dorong Peningkatan Usaha Pelaku UMKM di Kalbar

Kegiatan penyerahan bantuan Alsintan oleh Bupati Sambas Satono juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Musanif, unsur Forkopimda dan Kepala OPD terkait, serta perwakilan dari Gapoktan dan Poktan yang menerima bantuan Alsintan.

Bupati SambasSatono mengatakan Pemerintah Kabupaten Sambas berkomitmen penuh untuk mendongkrak produktivitas sektor pertanian dengan program-program yang telah dirancang.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar Suib Dukung Wacana Singkong Solusi Atasi Krisis Pangan

Di antaranya memberikan bantuan Alsintan kepada kelompok tani dengan harapan selain meningkatkan produktivitas sektor pertanian, juga secara tidak langsung mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan untuk kemajuan daerah.

"Sambas adalah wilayah yang 70 persen dari total populasi penduduknya bergerak di sektor pertanian. Artinya maju mundurnya ekonomi Kabupaten Sambas sangat ditentukan oleh para petani," katanya.

Baca Juga: Hari Ini TMII Mulai Dibuka Kembali, Dua Jam 500 Tiket Terjual Secara Online

Bupati Sambas, Satono mengatakan, bantuan Alsintan kepada kelompok tani tersebut merupakan bentuk apresiasi dan perhatian Pemerintah Kabupaten Sambas kepada petani. Dengan tujuan agar Gapoktan dan Poktan yang ada bisa memaksimalkan potensinya masing-masing.

"Alsintan yang diberikan kepada petani ini kalau dinominalkan lebih kurang Rp.5 miliar rupiah. Seharusnya itu bisa meningkatkan produktivitas hasil tani bagi kelompok tani yang menerimanya," katanya.

Baca Juga: Enggan Jagokan Argentina Kampiun Piala Dunia, Berikut Penjelasan Lionel Messi

Terakhir Bupati Sambas, Satono juga meminta agar kelompok tani yang menerima bantuan Alsintan tersebut menjaga dan merawatnya dengan baik agar masa pakainya panjang.

"Saya minta Alsintan yang sudah diserahkan ini dijaga sebaik mungkin. Karena untuk menganggarkan lagi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi ditengah situasi keuangan kita yang terbatas," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment