Melacak Warna Jersey Timnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022: Tetap Sangar Meski Berwarna Oranye

15 November 2022 15:09 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Bertolak belakang dengan bendera Negara Belanda yang berwarna merah, putih, biru para pemain Timnas mereka tetap percaya diri memakai baju khasnya yang memiliki warna oranye. Jersey mereka pun akan tetap menghiasi pertandingan Piala Dunia Qatar 2022.

Walaupun kelihatan imut di tengah lapangan dengan memakai jersey oranye, kehebatan para timnas Belanda tidak perlu diragukan. Dalam menghadapi pertandingan ajang Piala Dunia Qatar 2022 pelatih mereka siap bertarung tanpa ampun nanti.

Hal ini diungkapkan secara langsung ketika Louis Van Gaal ditanya mengenai kesiapan anak buahnya dalam laga Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: Intip Persiapan Timnas Spanyol Menuju Piala Dunia Qatar 2022

"Ya, saya pikir seperti itu," Jawabnya singkat. Meski timnas oranye sudah mempersiapkan diri, mereka tidak boleh meremehkan para tim lawan di Piala Dunia 2022.

Selain kerja sama tim di lapangan, kemenangan di Piala Dunia Qatar 2022 harus diarsiteki oleh pelatih yang mumpuni juga.

Menurut mantan bos Manchester United dan Barcelona ini seorang pelatih harus mempunya dua karakter, kualitas kepemimpinan dan karakter permainan.

Ketika ditanyai masalah dua hal itu, dengan lugas dia menjawab "Saya memiliki keduanya," tegasnya.

Namun meski mereka diprediksi akan tampil sebaik mungkin nanti, jersey mereka juga menjadi topik utama perbincangan netizen Twitter (14/11/2022). Seakan warna jersey mereka disadur tanpa pemikiran matang, kemudian menjadi seragam resmi mereka saat berlaga.

Dilansir dari Netherland Insider, warna jersey oranye yang dipakai oleh timnas Belanda memiliki akar historis tersendiri. Warna yang mirip dengan jeruk ini berasal dari William of Orange, seorang komandan tentara Belanda di abad 16 M.

Ketika William memasuki umur 16 tahun, dia merebut kejayaan bagi Belanda sehingga pia pun menginisiasi membentuk fondasi mengenai 'Republik Tujuh Provinsi'.

Dia juga terkenal sebagai penemu dasar kebangsaan negara Belanda serta sangat toleransi terhadap penganut agama yang berbeda.

Keinginan untuk membangun 'Republik Tujug Provinsi' (dikemudian hari dikenal sebagai negara Belanda) berhasil terwujud di tangan anaknya yaitu Maurice of Orange bersama Johan van Oldenbarneveld.

Selain terkenal sebagai Founding Father dari negeri Belanda, William of Orange juga dikenang sebagai pendiri Universitas Leiden.

Terkait bendera Belanda yang berwarna merah, putih, dan biru, sebenarnya warna bendera masyarakat Belanda bukan merah, akan tetapi oranye, putih, dan biru. Lambang tiga warna yang terakhir ini pertama kali dipakai pada tahun 1572 M.

Di masa itu Belanda sedang mencoba mencaplok daerah Den Briel ketika sedang berperang melawan tentara Spanyol.

Pewarnaan itu dinukil dari warna seragam Williams yang memiliki corak oranye. Namun dii sekitaran tahun 1630-1660, warna oranye diganti dengan merah.

Ada tiga sebab kenapa warna jeruk tersebut digeser dengan warna merah, petama ketika bendera warna Belanda berkibar di pinggir pantai atau di tengah laut tentara mereka merasa kesulitan untuk mengenalinya.

Alasan kedua dikarenakan warna oranye sulit dibuat pada masa itu, ketidak munculan teknologi canggih di abad pertengahan sangat sulit untuk menemukan bahan-bahan mentah berwarna oranye.

Sedangkan bahan-bahan untuk menghasilkan warna merah sangat mudah ditemui di masa itu, para tentara ataupun warga lokal pun bisa menemukannya dimana-mana.

Faktor terakhir yang menyebabkan warna oranye diganti dengan merah, yaitu dikarenakan masalah pertentangan antara keluarga keajaan yang berpusat di Istana Oranye dengan Republik Belanda.

Pengaruh politik Royal Family terus merosot, walaupun pada tahun 1815 para keturunan William of Orange membentuk Negaranya dengan sistem Kerajaan, kebijakan mereka dalam mengatur negara sangat terbatas.

Terkait warna jersey timnas Belanda yang berwarna oranye, hal ini adalah bentuk dedikasi mereka untuk menghormati bapak pendiri bangsa William of Orange.

Hal ini membuat mereka akan selalu ingat kepada jati diri mereka, merekapun dari awal terbentuknya (1905) sampai sekarang dikenal dengan 'De Oranje'.

Baca Juga: Intip Persiapan Timnas Spanyol Menuju Piala Dunia Qatar 2022

Dilansir dari laman KNVB, timnas Belanda pertama kali mempunyai pengalaman laga Internasional saat mereka bertanding melawan Belgia pada tanggal 30 April 1905.

Mereka mengungguli timnas Belgia dengan skor 1-4.

So, untuk Piala Dunia Qatar 2022 ini, akan seperti apa formasi Belanda? ***

Tags :

Leave a comment