Polres Sanggau Kerahkan 600 Personel untuk Pengamanan Kegiatan Penahbisan Uskup Sanggau

10 November 2022 11:48 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Kapolres Sanggau, AKBP Ade Kuncoro Ridwan mengatakan, sebanyak 600 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan kegiatan Penahbisan Uskup Sanggau di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau, Jumat (11/11/2022).

Penahbisan Uskup Sanggau akan dilakukan langsung oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo. Sedangkan Uskup Sanggau terpilih yang akan ditahbiskan yaitu Mgr Valentinus Saeng CP.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Segedong Putus, Pengendara Motor Nyaris Nyemplung Sungai

"Dari Polri kita menurunkan 350 personel, terdiri dari personel Polres Sanggau dan personel BKO dari Brimob dan Direktorat Pam Obvit Polda Kalbar, kemudian dari Kodim 1204/Sanggau juga menurunkan sekitar 200 personel, dan kita juga dibantu dari rekan-rekan Ormas di Sanggau yang ikut bersama kami untuk melaksanakan pengamanan kegiatan ini," kata AKBP Ade Kuncoro Ridwan, Kamis (10/11/2022).

Kapolres menyebut, terkait fokus pengamanan, selain di lingkungan Gereja Katedral, juga dilakukan pengamanan di tempat-tempat penginapan yang digunakan tamu VVIP maupun tamu VIP yang bermalam untuk menghadiri acara penahbisan Uskup.

Baca Juga: Pembangunan Kantor UPT KPH Wilayah Sanggau Timur Diduga Mangkrak, Tukang Ngaku Belum Dibayar

Selain itu, pihaknya juga sudah melaksanakan tactical floor game (TFG) untuk lebih memperjelas peranan anggota di lapangan. Dan sudah dibagi per pleton per chak point yang akan diamankan oleh anggota.

"Sehingga dengan kegiatan TFG ini, paham dia bertugas mengamankan di lokasi mana, kemudian dia harus berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa," ungkapnya.

Baca Juga: Simak Post Credit Black Panther 2: Wakanda Forever yang Jadi Sorotan Penggemar

Kemudian, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan hari H penahbisan Uskup, yaitu arus lalu lintas dari Pontianak menuju Sekadau akan dialihkan ke jalan Bujang Malaka (Samping SPBU Bunut) menuju ke arah Sanggau Permai dan menuju lampu merah di Jalan Ahmad Yani (simpang Sanggau Permai).

"Kemudian dari arah Sekadau menuju Pontianak tetap melewati jalur utama. Harapan kami dengan rekayasa arus lalu lintas seperti ini, arus lalu linta di depan Gereja Katedral Sanggau pada saat penahbisan berjalan normal seperti biasa," pungkasnya.***

Tags :

Leave a comment