Haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi Solo dan Kisah Keramat Mbah Mangli

9 November 2022 13:43 WIB
Ilustrasi

Insidepontinak.com - Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi akan kembali digelar secara terbuka di Solo, Jawa Tengah.

Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi ke-111 akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022 di Masjid Riyadh, kawasan Pasar Kliwon, Solo.

Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi memperingati wafatnya ulama kharismatik asal Qasam, Hadramaut itu.

Baca Juga: LINK STREAMING Chainsaw Man Episode 5 Sub Indo: Power Siap Penuhi Janjinya Kepada Denji

Dari beliau tercipta Maulid Simtudduror dan Sholawat Lathoiful Arsyiyah, wirid yang mengantarkan para salikin ke hadirat Rasulullah SAW.

Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi sendiri tidak pernah menginjakan kaki berdakwah di bumi Nusantara.

Namun jejak ilmu dan keberkahan Maulid Simtudduror banyak dirasakan umat Islam Indonesia hingga hari ini.

Habib Ali pernah berkata: "Maulidku ini akan tersebar ke tengah tengah masyarakat dan akan mengumpulkan mereka di jalan Allah Subhanahu Wata'ala. Serta membuat mereka dicintai Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam. Jika seseorang menjadikan maulidku ini sebagai salah satu wiridnya dan menjaganya, sir (rahasia) Al Musthafa Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam akan terpancar pada dirinya baik dhohir maupun batin."

Mbah Mangli

Dikutip dari Laduni.id, ulama besar dari Martapura, Kalimantan Selatan, Abah Guru Sekumpul pernah menganjurkan Maulid Simtudduror dijadikan wirid atau dibaca secara rutin.

"Karena Rasulullah selalu hadir bila dibacakan Maulid Al-Habsyi yang isinya kisah Rasulullah dan memuji Rasulullah SAW."

Kata Abah Guru Sekumpul, siapa yang hadir majelis Maulid Simtudduror akan mendapat barokah yang luar biasa. Rasulullah memberikan syafa'at kepadanya.

Sejak Masjid Riyadh di Solo dibangun tahun 1355 Hijriyah (1936), Haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi dipusatkan di masjid ini.

Banyak ulama dari seluruh Indonesia, Yaman, Makkah, Malaysia, dan Singapura mewajibkan diri untuk hadir memeperingati haul Habib Ali Al-Habsyi.

Baca Juga: Anggota DPRD Kalbar Suyanto Tanjung Nilai Pemprov Kalbar Belum Maksimal Perjuangkan PKR

Kejadian unik terjadi setiap kali KH Hasan Asy'ari atau Mbah Mangli, ulama sepuh asal Magelang akan menghadiri haul Habib Ali Al-Habsyi.

Mbah Mangli biasanya hadir ke Masjid Riyadh beberapa hari sebelum acara haul akbar digelar.

Beliau akan memanggul sendiri beras yang akan diserahkan untuk pelaksanaan acara haul. Begitu juga kambing yang dibawanya untuk keperluan acara, dituntun sendiri tanpa mau dibantu orang lain.

Biasanya setelah masuk Masjid Riyadh, KH Hasan Asy'ari akan melaksanakan shalat sunnah. Orang-orang akan berebut mencium tangan sang ulama untuk mendapatkan barokah.

Begitu takzimnya KH Hasan Asy'ari atau Mbah Mangli pada acara haul Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi di Solo.*** 

Tags :

Leave a comment