Reza Rahadian Perankan Jatmiko di Film Sri Asih, Soroti Perspektif Perempuan, Superhero Bagi Remaja

7 November 2022 19:25 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Aktor Reza Rahadian blak-blakan mengungkap keterlibatannya dalam Film Sri Asih, besutan Screenplay Bumilangit yang tayang serentak pada 17 November 2022 mendatang di seluruh Bioskop Indonesia.

Meski tidak berperan sebagai tokoh utama, namun Reza Rahadian mengaku sangat senang bisa terlibat dalam Film Sri Asih yang mengangkat cerita tentang superhero Indonesia.

Memang Reza Rahadian mengaku baru mengetahui ada superhero Indonesia pertama perempuan di Indonesia, dan menurutnya nama Film Sri Asih adalah nama yang sangat kental dengan Indonesia.

Namun yang paling menarik bagi Reza Rahadian adalah bagaimana perspektif perempuan dalam mengangkat cerita tentang superhero Indonesia dari perempuan.

Hadirnya sosok Upi sebagai sutradara di film ini menjadi alasan penting bagi Reza mengapa mau terlibat dalam film ini.

Baca Juga: Transformasi Pevita Pearce Jadi Sri Asih: Butuh Tiga Tahun Kuasai Teknik Bela Diri

"Upi adalah sutradara favorit saya, seperti film-film sebelumnya. Saya senang melihat female director yang menulis tentang film superhero yang full action," ungkapnya dalam keterangan yang diterima dari Poplicist Publicist, Senin (7/11/2022).

"Bagaimana perspektif film action superhero perempuan pertama di Indonesia, kemudian dihadirkan oleh sutradara perempuan dalam perspektifnya, itu menjadi suatu kekuatan tersendiri bagi saya," tambah Reza Rahadian.

Sisi lain Reza Rahadian menilai film ini memiliki genre film yang sangat jarang, sebuah film superhero, dan secara pribadi dia belum pernah memiliki pengalaman di film Superhero.

Memang dalam pengalamannya, beberapa kali dia pernah terlibat dalam film action, namun film yang menyentuh genre superhero, Reza mengaku hampir belum pernah terlibat.

Berperan sebagai Jatmiko dalam film Sri Asih, ternyata juga menjadi tantangan tersendiri bagi Reza.

"Ini karakter yang menarik, karena Jatmiko memiliki kompleksitas karakter yang dalam skenario filmnya sangat menarik untukku," aku Reza.

Terlepas itu, bagi Reza di Film Sri Asih adalah cara untuk menunjukkan identitas Indonesia, dan menurutnya layak untuk diapresiasi.

"Malah jika kita tidak membuat film bergenre ini berarti kita menutup diri dari perkembangan zaman, dan kalau kita tidak membuat film begini, berarti kita membiarkan diri kita untuk memanfaatkan teknologi yang ada," bilang Reza Rahadian.

Dalam sejarah fiksi Indonesia, karakter Sri Asih adalah jagoan pertama yang tampil dalam cergam Indonesia. Sri Asih muncul pertama kali sekitar setengah abad yang lalu, tepatnya pada 1953.

Baca Juga: Ini 5 Film Indonesia yang Tayang November 2022, Sri Asih Paling Ditunggu!

Penciptanya, R.A. Kosasih, diakui sebagai “Bapak Komik Indonesia”, karena dedikasi, konsistensi, dan kepiawaiannya dalam menciptakan cerita bergambar.

Dan bagi Reza Rahadian, sepatutnya Sri Asih bisa menjadi refresentasi bagi setiap anak muda di Indonesia yang juga memiliki sosok yang diidolakan, superhero.

“Film ini bisa berhubungan dengan remaja, penonton film Indonesia, dan saya berharap mereka bisa menangkap pesan dari film ini,” tutup Reza Rahadian.

Tags :

Leave a comment