4 Fakta Menarik yang Terjadi pada Tubuh Kita Saat Berciuman, Jomblo Skip Saja!

7 November 2022 15:51 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Melanggengkan keharmonisan dalam suatu hubungan adalah kewajiban setiap individu, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keromantisan pasangan, salah satunya ialah berciuman.

Mungkin kita tidak sadar disaat berciuman beberapa organ di badan kita mengalami proses yang signifikan. Hal semula tidak peka, tiba-tiba kembali aktif.

Melansir dari laman Women's Health Magazine, pada bibir dan mulut terdapat ratusan ribu saraf yang berhubgan dengan anghota badan lain. Disebabkan karena ini berciuman bisa mentransfer sinyal-sinyal tertentu kepada anggota badan lainnya.

Baca Juga: OPPO A58 5G Dilengkapi Chipset Snapdragon 778G Plus? Berikut Spesifikasinya

Tidak hanya anghota badan, organ-organ tertentu serta beberapa hormon juga dilepaskan untuk memberi kesan tersendiri. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa berciuman tidak bisa dirasakan oleh panca indra, akan tetapi panca indra menjadi mediasi untuk menterjemahkan kepada perasaan.

Apakah di semua ciuman memiliki efek yang sama, yakni berupa sensasi, kesan?

Jawabannya tidak, ada dua kategori ciuman yang memiliki efek berbeda. Pertama berupa kecupan (peck), ciuaman ini hanya memiliki rentan waktu yang singkat, otot-otot yang ada di dalam mulut hanya sebagian saja yang aktif.

Berbeda dengan kategori yang kedua yakni smooch (berciuman mesra), memiliki durasi waktu yang lama, sehingga ratusan ribu otot yang ada di dalam mulut bereaksi semua. Ciuman inilah yang akan di bahas saat ini

Perangsangan otot-otot akibat dari berciuman, membuat sebagian anggota badan kita juga ikut bereaksi. Berikut 4 fakta menarik yang terjadi pada tubuh kita saat berciuman.

Mulut

Ketika sedang berciuman, mulut kita akan menyuruh saliva gland (kelenjar ludah) untuk bereaksi. Kelenjar ini sebenarnya berfungsi untuk menjaga mulut kita tidak kering, tidak hanya itu kita bisa terhindar dari sakit gigi karenanya.

Di saat berciuman saliva gland akan memproduksi ludah lebih cepat untuk menjaga sensasi dari kedua pasangan. Namun akibat dari produksi kelenjar ini yang berlebihan beberapa bakteri dari pasangan kita akan berpindah. Jadi tetap jaga kesehatan mulut ya.

Darah mengalir lancar.

Otot-otot bibir akan mentransfer sinyal kepada jantung kita agar memompa darah lebih kencang sedikit. Hal ini bisa membuat peredaran kuta lebih stabil bila sebelumnya mendapatak gangguan tersebut.

Otak

Di dalam otak terdapat hormon yang disebut dopamine (hormon untuk mengaktifkan kesenangan). Hormon ini akan mengirim Neurotansmitter kepada tubuh kita yang sebelumnya merasa letih akan menjadi fresh kembali.

Tidak hanya itu saja, ciuman juga membuat mood kita semakin ceria akibat dopamine sedang aktif di otak kita.

Baca Juga: Lengkap! Profil Pemain hingga Jadwal Tayang Drama Korea Behind Every Star, Episode 1 Tayang Malam Hari Ini

Pupil Mata Melebar.

Hal ini mungkin jarang dirasakan saaat berciuman, kecuali pada anime atau film-film.
Bila sedang berciuman secara otomatis pupil mata kita akan melebar, tidak hanya itu saja, detak jantung dan nafas akan berkerja lebih cepat namun tetap menjaga kestabilan ritmenya.

Nah, itulah 4 fakta unik yang kamu harus ketahui ketika berciuman dengan pasanga. Ternyata ciuman itu bisa menyehatkan dan menjadi mood booster kita. ***

Tags :

Leave a comment