Kantor Bappelitbang Bandung Terbakar, Kobaran Api Bikin Ngeri

7 November 2022 13:08 WIB
Ilustrasi

BANDUNG, insidepontianak.com - Kebakaran melanda gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan atau kantor Bappelitbang Kota Bandung, Senin (7/11/2022).

Video kebakaran kantor Bappelitbang Kota Bandung yang berada di bilangan Jalan Aceh Nomor 36 Kota Bandung, viral. Beredar luas di medsos dan pesan berantai WhatsApp.

Tampak kobaran api sangat besar melahap atap kantor Bappelitbang Kota Bandung. Asap pekat pun menyertai kobaran api.

Terdengar suara sirine mobil pemadam kebakaran bersahutan tiba di lokasi. Proses pemadaman pun berlangsung cepat.

Dalam video 33 detik yang didapat Insidepontianak.com, seorang warga menyebut mendengar dentuman saat kebakaran terjadi.

Petugas pemadam kebakaran pun bergerak cepat melakukan pemadaman. Hasilnya, api berhasil dipadamkan delam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga: Banjir Singkawang Tahun Ini Disebut Terparah, Dewan Kalbar Minta Pemkot Lakukan Evaluasi

Petugas pemadam kebakaran terus menyemprotkan air sebagai upaya pendinginan di lokasi kebakaran Gedung Bappelitbang Kota Bandung.

"Poses pendinginan dibutuhkan air cukup banyak biar tidak terjadi lagi percikan api," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana di Bandung dikutip dari Antara.

Ia mengaku kaget ketika diberi tahu tentang informasi kebakaran di gedung dua lantai di kompleks Balai Kota Bandung itu. Pasalnya, saat kejadian Gun Gun mengaku sedang rapat di Pendopo.

Baca Juga: Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Shelter LLL Sakok, Tjhai Chui Mie Imbau Masyarakat Singkawang Waspada

"Saya dikagetkan dengan telepon dari Kabag Umum, dengan kejadian yang cukup besar, apalagi ini kan atapnya sirap, banyak dokumen kertas," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya menurunkan semua unit petugas dan mobil damkar untuk memadamkan api di Gedung Bappelitbang Kota Bandung.

"Makanya kami turunkan seluruh unit yang ada di markas komando dan di UPT termasuk unit yang bersiaga. Kita belum hitung beberapa unit karena belum ada asesmen," kata dia.

Baca Juga: Anak 11 Tahun di Sambas Diduga Jadi Korban Sodomi, Korban Diperdaya Pelaku dengan Iming-iming Uang

Gun mengaku belum bisa memastikan penyebab kebakaran gedung Bappelitbang Kota Bandung. Sebab saat ini masih proses penyelidikan.

"Nanti mungkin telah selesai semua dan ada laporan asesmen dari teman-teman, anak-anak yang investigasi baru bisa rilis penyebabnya apa," ucap Gun Gun.***

Tags :

Leave a comment