Ini Jenis Gerhana Bulan yang Akan Terjadi Di Indonesia, Catat Jumlahnya Berapa Di Sini

4 November 2022 16:44 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Gerhana Bulan merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi saat sebagian atau keseliuruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Gerhana Bulan total diprediksi akan terjadi pada seluruh wilayah di Indonesia, Jadi, fenomena alam tersebut bisa lihat dari berbagai daerah di Indonesia baik itu di Daerah Jawa, Sulawesi dll.

Seperti yang Kita ketahui bahwa Gerhana Bulan ini dibagi menjadi 3 jenis. Kali ini Mimin akan mengulas tentang 3 Jenis fenomena Gerhana Bulan yang terjadi pada bulan-bulan tertentu.

Baca Juga: Kelompok Gangster Nyerang Warga Galur Tanah Tinggi, Ari Susanto: Warga Tidak Terpancing

Namun sebelum itu kita harus tau bahwa fenomena ini merupakan kejadian yang tidak berbahaya dan kita semua bisa menyaksikan fenomena Gerhana Bulan ini di daerah masing masing.

Berikut beberapa jenis Gerhana Bulan yang terjadi pada bulan-bulan tertentu.

1. Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat di satu garis yang sama.

2. Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana Bulan sebagian disebut juga sebagai gerhana bulan parsial. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari.

Sebagian permukaan bulan berada di daerah penumbra, sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.

3. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Prediksi Gerhana Bulan

Saat ini terjadinya gerhana bulan sudah bisa diprediksi secara astronomi. Gerhana bulan Total akan terjadi pada 8 November 2022 dan dapat di saksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB.

Sedangkan, di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat gerhana pada waktu puncak gerhana, yaitu 17.59 WIB.

Baca Juga: Puncak Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Daerah Mana Saja? Cek Di Sini

Kemudian, wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan.

Lanjut, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, gerhana bisa dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17.16 WIB/18.16 WITA/19.16 WIT.

Selamat menanti fenomena Gerhana Bulan total semoga informasi dari Mimin bermanfaat.***

Tags :

Leave a comment