Puncak Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Daerah Mana Saja? Cek Di Sini

4 November 2022 16:27 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa Gerhana Bulan yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Gerhana Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah.

Baca Juga: PREVIEW dan SINOPSIS The Golden Spoon Episode 13: Benarkah Hwang Hyeon Do Bukan Ayah Kandung Tae Yong?

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Masyarakat Jawa Barat serta sejumlah daerah lain bakal melihat puncak Gerhana Bulan total pada 8 November 2022, pukul 17.59 WIB.

Sementara itu Kementerian Agama mengimbau Agar umat Islam untuk melakukan salat khusuf atau shalat Gerhana Bulan seiring dengan fenomena alam tersebut.

Dilansir dari laman pmjnews "Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing," terang Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Seruan untuk menggelar salat gerhana sudah disampaikan kepada para Kepala Kanwil Kemenag untuk diteruskan kepada aparatur pemerintah daerah, ulama, sampai imam masjid.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, dan mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," tuturnya.

Bardasarkan data astronomis, Gerhana Bulan total akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia, Berikut Daerah-daerah di Indonesia yang Akan Terjadi Puncak Gerhana Bulan Total:

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB.

Sedangkan, di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat gerhana pada waktu puncak gerhana, yaitu 17.59 WIB.

Kemudian, wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Drama Korea Minho SHINee 'The Fabulous' Ditunda Penayangan Sebagai Tanda Duka Atas Tragedi Itaewon

Lanjut, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, gerhana bisa dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17.16 WIB/18.16 WITA/19.16 WIT.

Itulah Daerah-Daerah di Indonesia yang akan terjadi puncak Gerhana Bulan Total.***

Tags :

Leave a comment