Bupati Citra Duani Jual Kopi Kayong Utara ke Turki

4 November 2022 14:41 WIB
Ilustrasi

ISTANBUL TURKI, insidepontianak.com - Bupati Kayong Utara Citra Duani hadiri undangan dalam keikutsertaan mengikuti Pameran MUSIAD Exspo Tahun 2022 yang diselenggarakan di Istambul Turki, pada tanggal 2 sampai 7 November 2022.

Melalui kantor KJRI Istambul Turki, Imam As'ari, Bupati Citra Duani berhadap produk Kopi Kabupaten Kayong Utara dapat dikenal secara luas di Turki.

“Kita berharap melalui kerja sama dengan KJRI Istanbul Turki, Kopi Kayong Utara dapat dikenal secara luas di Istanbul Turki. Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan support yang begitu antusias dari pihak KJRI Istambul Turki,” ungkap Citra Duani, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Kemenag Ajak Umat Islam Salat Gerhana Bulan pada 8 November 2022, Berikut Tata Caranya

Lebih lanjut, Bupati Citra Duani mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara juga melakukan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai salah satu gebrakan promosi ragam produk, mulai dari kopi hingga destinasi wisata dalam rangka mendukung perdagangan bilateral antara Indonesia -Turki.

“Ini merupakan gerbang strategis untuk pengembangan pasar Asia dan Eropa, dan meningkatkan nilai exsport produk-produk kelompok usaha perhutanan sosial di pasar Global,” harapnya.

Selain itu, untuk memperkuat legalitas produk kopi di Kabupaten Kayong Utara, Citra mengatakan, saat ini pihaknya sudah memproses usulan dengan pemerintah Indonesia untuk mendapatkan legalitas Indikasi Geografis (IG) melalui kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Catat! Berikut Daerah di Indonesia yang akan Terjadi Puncak Gerhana Total

“Insya Allah awal tahun 2023 jika lancar pemda Kayong Utara akan menerima penyerahan IG langsung dari Presiden RI,“ katanya Bupati.

Sementara itu, KJRI Istambul Turki Imam As'ari optimis kopi liberika Kayong Utara bisa menembus pasaran di Turki, apalagi kopi liberika Kayong Utara sudah meraih predikat juara terbaik dunia, sehingga tidak terlalu sulit untuk di promosikan di negara Turki nantinya.

“Dalam waktu dekat saya akan undang beberapa agen atau pengusaha kopi yang ada di turki dan bagi yan berminat silahkan order dan kalau perlu bisa langsung berkunjung ke Kabupaten Kayong Utara dan kami juga siap untuk ikut serta,” terang Imam As'ari saat berbincang bersama Bupati Kayong Utara.

Baca Juga: Kemenko Perekonomian Sambut Baik Peran Polri Amankan KTT G20 di Bali

Ke depan Imam As'ari berharap, agar para petani kopi di Kayong Utara dapat meningkatkan kualitas dan produksi kopi, karena tak menutup kemungkinan permintaan pasar akan semakin besar nantinya.

Selain itu, dirinya juga mendorong pemerintah daerah lebih gencar melakukan promosi terhadap produk kopi yang ada di Kayong Utara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Pabrik Bioetanol dan KebunTebu di Mojokerto

“Yang penting pengusaha kopi Kayong Utara mulai saat ini harus bersiap-siap untuk bisa memenuhi pesanan baik dari segi kwantitas maupun kualitas," katanya.

Untuk mendukung hal tersebut Bupati Citra Duani minta Pemda Kayong Utara bisa menyediakan sarana promosi baik beberapa booklet, brosur, dan audio visual.

"Media promosi sangat penting untuk mengelakkan produk kita. Apalagi jika Presiden Bapak Jokowi menyambut baik tentang hal ini," tutur KJRI Istambul Turki Imam As'ari.***

Tags :

Leave a comment