Tim Sterad Kunjungi Kampung Pancasila di Desa Hilir Kantor

2 November 2022 18:11 WIB
Ilustrasi

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Tim Staf Teritorial Angkatan Darat ( Sterad) mengunjungi Kampung Pancasila di Desa Hilir Kantor RT/RW 01/05, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Rabu, (02/11/2022).

Kunjungan tim Sterad ini mendapat apresiasi dari Ketua Kampung Pancasila, Aceh Morgan, berharap bisa memberikan wejangan dari tim Sterad agar dapat dijadikan pedoman organisasi Kampung Pancasila di Desa Hilir Kantor.

Satu di antaranya memberikan masukan ke depan masyarakat di sini menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, karena Indonesia dalam bingkai keanekaragaman budaya berbagai etnis budaya.

Katim Survei Standarisasi Kampung Pancasila, Letkol Arm Heri Pujiyanto mengatakan untuk mengamalkam Pancasila harus dimulai dari diri sendiri.

Karena hal itu sebagai bentuk jatuh ke dalam seluruh bentuk yang telah berjatuhan dalam melindungi Pancasila, mengingat perjuangan pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar negara dan juga ideologi bangsa.

Baca Juga: Jadi Narasumber Kegiatan BPIP, Sekda Vinsensius Sampaikan Materi Pancasila dalam Budaya Dayak

Caranya, dengan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung luntur, yang mana Pancasila merupakan dasar negara, konsep dasar Pancasila ini terdapat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga: Peringatan Sumpah Pemuda, Merah Putih Berkibar di Tugu Garuda Pancasila Perbatasan Jagoi Babang - Malaysia

Disebutkan, kata Pancasila diambil dari Bahasa Sansekerta, "Panca" memiliki arti lima dan "sila" berarti dasar, jadi Pancasila memiliki arti lima dasar. Dalam hal ini yang dimaksud adalah lima dasar negara.

"Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Letkol Arm Heri Pujiyanto.

Tags :

Leave a comment